.... Hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung pengganti te
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian (Kementan) menggencarkan pengembangan sorgum dari hulu hingga hilir untuk memperkuat bahan pangan alternatif bagi Indonesia agar mampu menghadapi tantangan krisis pangan dunia.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat, mengatakan tanaman sorgum tidak hanya sebagai pangan alternatif pengganti beras tapi juga sebagai bahan pakan dan bahkan dapat menghasilkan bio ethanol.

Suwandi mengatakan sorgum merupakan tanaman sehat, mudah dibudidayakan, rendah biaya produksi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sorgum juga memiliki manfaat yang tidak kalah saing dengan padi, jagung dan kedelai.

Baca juga: Presiden Jokowi minta anggota Kadin coba tanam sorgum di NTT

"Sorgum dibudidayakan di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Hampir seluruh bagian tanaman sorgum, seperti biji, tangkai biji, daun, batang dan akar, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Mulai menjadi makanan seperti sirup, gula, kerajinan tangan, pati, biomas, bioetanol dan tepung pengganti terigu dan lainnya," kata Suwandi.

Suwandi menyatakan bahwa hal menarik dari sorgum adalah tidak ada kandungan gluten seperti gandum. Sorgum kaya kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, juga zat besi, dan mangan.

Perwakilan Yayasan Pembangunan Sosial Ekonomi Larantuka (Yaspensel) Elisabeth Hera Mukin dalam webinar BTS Propaktani Episode 607 mengungkapkan potensi pengembangan sorgum di NTT cukup besar. Kelompok Tani binaan Yaspensel tersebar berada di Flores, Adonara dan Lembata sudah menerapkan budidaya pascapanen sorgum yang baik dan benar. Bahkan para petani sudah mampu menyortir benih yang berkualitas untuk dijadikan benih pada musim tanam berikutnya.

“Kami memberikan pelatihan kepada ibu rumah tangga dan anak muda untuk membuat olahan sorgum dengan tidak menghilangkan nilai gizi sorgum itu sendiri. Contohnya cake, mie, siomay, cookies, ketupat dan bubur sorgum. Juga diberikan pelatihan untuk membuat kerajinan tangan dari malai sorgum. Seperti pot bunga, buket dan bingkai. Daun dan batangnya pun bisa digunakan untuk pakan ternak," katanya.

Baca juga: Mentan harap pengembangan sorgum hingga jadi komoditas strategis

Pemilik Athaya Sorghum Natha Fadhlin mengatakan Athaya sorgum merupakan suatu wadah atau UMKM badan usaha yang bergerak di bidang kuliner sorgum di Jakarta. Varietas sorgum yang diolah menjadi produk olahan adalah varietas bioguma. Varietas ini memiliki keunggulan yaitu potensi hasil 7 ton per hektare pada kadar air 12 persen, tepung sorgum yang dihasilkan berwarna putih, dan nasi sorgum Bioguma bertekstur pulen.

“Beras sorgum dapat diolah menjadi sumber pangan alternatif pengganti beras. Nasi sorgum mempunyai rasa yang enak dan pulen, mirip dengan beras padi. Juga dapat dihidangkan bersama lauk pauk yang beraneka ragam,” katanya.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022