Kami siap bekerja sama, misalnya UGM punya lahan dan kami bangunkan rumah tapak yang dikhususkan bagi para dosen milenial. Mau desain seperti apa, pengembangnya mana, kami bisa sediakan termasuk fasilitas kredit yang mudah dan murah.
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk siap menyediakan hunian bagi para dosen milenial Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, sebagai dukungan bagi kesejahteraan para insan di dunia pendidikan.

"Kami siap bekerja sama, misalnya UGM punya lahan dan kami bangunkan rumah tapak yang dikhususkan bagi para dosen milenial. Mau desain seperti apa, pengembangnya mana, kami bisa sediakan termasuk fasilitas kredit yang mudah dan murah,” kata Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Jasmin menjelaskan Bank BTN memiliki beragam skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang bisa dimanfaatkan para dosen milenial UGM, di antaranya fasilitas KPR untuk milenial dengan jangka waktu kredit hingga 30 tahun dan uang muka 1 persen.

Baca juga: BTN "right issue" Rp4,13 triliun guna kuatkan modal dan salurkan KPR

Bank BTN, lanjut Jasmin, juga memiliki program KPR Subsidi dengan bunga hanya 5 persen untuk para dosen dengan gaji di bawah Rp8 juta.

"Program KPR Subsidi dari pemerintah ini memungkinkan para dosen bisa memiliki rumah dengan mengangsur hanya sekitar satu juta rupiah setiap bulan," ujar Jasmin.

Tidak hanya penyediaan hunian, Jasmin menuturkan Bank BTN juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa dan dosen UGM untuk magang di perseroan.

Emiten berkode saham BBTN itu juga menawarkan peluang bagi alumni UGM yang berprestasi untuk direkrut Bank BTN. Selain itu, Bank BTN juga dapat menerjunkan langsung para pakarnya di bidang properti untuk menjadi dosen tamu di UGM.

Dalam kesempatan yang sama, Bank BTN juga menyalurkan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) untuk UGM berupa renovasi sarana prasana di kampus tersebut.

"Kami selalu berupaya memberikan layanan terbaik bagi nasabah kami baik di sisi bisnis maupun sosial," kata Jasmin.

Baca juga: Pengamat pasar modal nilai tak ada urgensi penggabungan BNI-BTN

Sementara itu, Rektor UGM Ova Emilia mengapresiasi dukungan Bank BTN untuk UGM. "Kami terbuka untuk kerja sama dengan Bank BTN,” ujar Ova.

Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama UGM Ignatius Susatyo Wijoyo mengatakan pihaknya berharap Bank BTN ikut memberikan kredit murah untuk kesejahteraan karyawan UGM.

"Dengan fasilitas kredit dari BTN tentunya akan mendukung kesejahteraan karyawan UGM, terutama para dosen. Tentunya kami berharap uang muka yang murah dan skema yang terjangkau," ujar Ignatius.

Di samping menyalurkan program TJSL untuk UGM, Bank BTN juga memberikan bantuan bagi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Bantuan yang diberikan berupa program beasiswa bagi mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

Hingga kini, Bank BTN telah memberikan beragam layanan perbankan bagi universitas-universitas di Yogyakarta. Layanan tersebut mulai dari cash management, payroll, hingga penyaluran kredit melalui program BTN Solusi.

Per Juni 2022, Bank BTN Kantor Cabang Yogyakarta tercatat telah menghimpun dana pihak ketiga (DPK) total senilai Rp1,41 triliun atau naik 4,03 persen dari Rp1,36 triliun pada Desember 2021.

Dari total tersebut, DPK lembaga yang dihimpun senilai Rp344 miliar pada Juni 2022 atau naik 4,24 persen dari Rp330 miliar di Desember 2021.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022