Pembukaan rute ini tujuannya untuk recovery penerbangan nasional yang terdampak pandemi, dan juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata dan transportasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSP
Silangit (ANTARA) - Maskapai penerbangan AirAsia resmi membuka rute domestik baru Jakarta-Silangit, Sumatera Utara, yang akan dilayani tiga kali dalam seminggu, mulai Jumat, 2 September 2022.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine menyampaikan bahwa pembukaan rute tersebut merupakan upaya AirAsia menghadirkan pilihan penerbangan yang lebih terjangkau bagi masyarakat di kedua rute tersebut.

"Pembukaan rute ini tujuannya untuk recovery penerbangan nasional yang terdampak pandemi, dan juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata dan transportasi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba," kata Vera di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara.

Baca juga: Susi Air terbang perdana menuju Mamuju

Vera menjelaskan, penerbangan dengan rute baru Jakarta-Silangit akan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg.

Menurut dia, rute ini akan meramaikan pasar penerbangan domestik sekaligus menghadirkan layanan transportasi udara yang mudah bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk terhubung dengan lebih banyak destinasi wisata lainnya.

Dengan menawarkan harga tiket yang bersaing, AirAsia berharap dapat mendorong wisatawan untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya.

“Kami sangat bersyukur menjadi bagian dari pengembangan pariwisata Indonesia melalui pembukaan rute-rute baru yang menghubungkan destinasi favorit turis lokal dan mancanegara," ujarnya.

Baca juga: Penerima 'booster' tak lagi harus tes COVID-19 jika naik pesawat

 AirAsia Indonesia adalah maskapai berbiaya rendah yang telah beroperasi sejak tahun 2004, yang tidak hanya menghadirkan layanan penerbangan internasional, tetapi juga penerbangan domestik untuk menghubungkan berbagai kota di Indonesia.

Sementara itu, Silangit merupakan bandara terdekat dari danau vulkanis terbesar di dunia yaitu Danau Toba yang menyuguhkan panorama keindahan alam yang menakjubkan dengan hawa yang sejuk.

Ada berbagai spot di sekitar Danau Toba yang menghadirkan sensasi pemandangan yang berbeda, saat matahari terbit, maupun tenggelam.

Tak hanya itu, wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba juga dapat mendalami sejarah dan tradisi warga asli serta menyaksikan pembuatan ulos, kain tradisional masyarakat Batak, serta menikmati seduhan kopi asli yang tumbuh di kawasan Danau Toba.

Hal-hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan berkunjung ke Danau Toba.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022