Jakarta (ANTARA) - Pesawat bersejarah Walt Disney Grumman Gulfstream I akan dipamerkan untuk para pengunjung di D23 Expo 2022 yang dipersembahkan oleh Visa dari 9 hingga 11 September 2022 di Anaheim, California, Amerika Serikat.

Melalui siaran pers yang diterima di Jakarta pada Kamis, Disney mengatakan pesawat yang baru dicat ulang dengan tepi sayap dan jendela yang diperbarui akan terlihat bersama dengan barang-barang dari interior pesawat yang belum pernah dipamerkan sebelumnya.

Barang-barang tersebut termasuk panel instrumen khusus yang awalnya terletak di dekat kursi onboard favorit Walt yang memungkinkannya untuk memantau kondisi penerbangan, handset telepon yang memberi Walt jalur komunikasi langsung ke pilot di kokpit, tas penerbangan yang menampilkan gambar ikonik Mickey Mouse duduk di ekor pesawat, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Disney Studio kembangkan film tentang Walt Disney dan Disneyland

Pesawat Walt akan kembali ke West Coast untuk pertama kalinya sejak 8 Oktober 1992, ketika pesawat mendarat di World Drive di Orlando, Florida, Amerika Serikat, di Disney-MGM Studios (sekarang Disney's Hollywood Studios), di mana pesawat ini menjadi bagian dari Studio Backlot Tour hingga 2014.

Sebagai informasi, Walt mengakuisisi pesawat ikonik Gulfstream pada tahun 1963 yang kemudian dikenal sebagai "The Mouse".

Mulanya interior pesawat dirancang dengan masukan kreatif dari Walt dan istrinya, Lillian, yang dapat menampung hingga 15 penumpang, dan mencakup dapur, dua toilet, dua sofa, meja, serta karakter legendaris yang memulai semuanya, termasuk korek api dan alat tulis berhiaskan siluet Mickey Mouse.

Inisial Mickey akhirnya dimasukkan dalam nomor ekor pesawat, N234MM, pada tahun 1967. Selama 28 tahun melayani The Walt Disney Company, pesawat itu telah terbang selama 20.000 jam dan mengangkut sekitar 83.000 penumpang sebelum berhenti beroperasi.

Kini D23 dan The Walt Disney Archives, bersama dengan sponsor D23 Expo Platinum Amazon, telah merestorasi eksterior pesawat untuk disaksikan tamu pada pameran yang dikurasi khusus di Anaheim Convention Center.

Pameran menarik akan disebut “Mickey Mouse One: Walt's Plane”, yang dipersembahkan oleh Amazon. D23 Expo juga akan memulai Disney100, perayaan 100 tahun sejarah The Walt Disney Company. Melalui pameran ini, para tamu akan diundang untuk “take to the skies” dan belajar tentang sepak terjang pesawat ikonik sepanjang sejarah perusahaan.

Baca juga: Walt Disney Company gelar Masterclass Animation Storytelling

Baca juga: Walt Disney umumkan akan tangguhkan semua bisnis di Rusia

Baca juga: Disney siapkan Rp628,3 triliun untuk pembuatan konten tahun depan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022