Bersepeda juga bisa membantu mengontrol berat badan
Denpasar (ANTARA) - Bupati Karangasem, Bali, Gede Dana mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kabupaten Karangasem untuk menggunakan sepeda saat pergi dan pulang kantor setiap hari Jumat.

"Sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara, disiplin dan semangat kerja itu penting," kata Gede Dana di Karangasem, Jumat.

Dengan bersepeda ke tempat kerja, menurutnya, bermanfaat untuk menghilangkan stres, mengurangi polusi, dan menjadi kebiasaan positif dalam menjaga kebugaran. Ini merupakan upaya tepat dan paling sederhana yang bisa dilakukan seluruh ASN dalam berperilaku sehat.

Baca juga: Rayakan HUT RI, WNI bersepeda 77 km kelilingi Beijing

Untuk meningkatkan minat ASN, Bupati Gede Dana pun mencontohkannya dengan bersepeda pada Jumat pagi menuju ke kantornya.

"Bersepeda pagi itu asik, olahraga sekaligus berkeliling menghirup udara pagi. Tadi berangkat jam 5.30 WITA dari rumah, sekalian mampir ke sejumlah OPD (organisasi perangkat daerah) mengecek kegiatan krida Jumat pagi ASN di sana,” kata dia.

Dengan sepeda miliknya, Gede Dana mengayuh dari wilayah Padang Kerta hingga Kota Amplapura sembari memantau aktivitas warga dan berkunjung ke kantor-kantor pemerintahan di lingkup Pemkab Karangasem.

Kehadirannya sekaligus untuk berdialog dengan Kepala OPD dan para ASN sekaligus mengajak mereka bersepeda ke kantor, khususnya pada hari Jumat.

Baca juga: Universitas Jember kampanyekan bersepeda untuk hidup sehat

Ia menuturkan bahwa apabila rencananya ini diterapkan maka akan bermanfaat besar. Selain untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda juga dapat melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

"Bersepeda juga bisa membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal, karena bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme. Membantu menjaga kesehatan jantung, karena bersepeda termasuk ke dalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah," ujar Gede Dana.

Bupati Karangasem tersebut juga meyakini apabila para ASN rutin bersepeda maka dapat mengurangi resiko depresi, ketika mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, maka perasaan stres dan gangguan kecemasan lainnya akan turut berkurang.

Baca juga: Wisata bersepeda salah satu yang digemari jelang libur HUT RI

Baca juga: Wagub DKI upayakan wajib bersepeda setiap Jumat bagi seluruh dinas

Baca juga: Istri Wali Kota Kediri kampanyekan aktif bersepeda kurangi emisi

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022