Jakarta (ANTARA) - Turnamen bola basket 3x3 yang dikelola Liga Bola Basket (IBL) kembali bergulir setelah dipaksa vakum dalam dua tahun terakhir oleh pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah setelah dua tahun sekarang kami bisa selenggarakan lagi," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat.

IBL Gojek 3x3 Tournament 2022 yang juga menjadi kegiatan saat jeda antarmusim akan dimulai dengan Seri Bali yang dilangsungkan di Discovery Mall, Kuta, pada Sabtu esok dan Minggu lusa.

Turnamen 3x3 IBL ini berlangsung hanya sepekan setelah Satria Muda Pertamina Jakarta mengalahkan Pelita Jaya Bakrie dua gim langsung dalam babak final untuk menjuarai IBL 2022 pada Minggu (28/8) di Bandung.

"Kami ingin setiap selesai musim IBL ini enggak boleh berhenti kegiatan, entah kompetisi seperti ini, atau ada rookie combine juga. Supaya secara kalender tetap panjang dan padat bagi semua tim," kata Junas.

Selepas dari Bali, turnamen berlanjut ke empat kota lain di Pulau Jawa dengan pertandingan bergulir tiap akhir pekan untuk lima pekan ke depan.

Baca juga: IBL luncurkan dokumenter perjuangan olahraga lewati pandemi

Seri Yogyakarta bakal digelar di Sleman City Hall pada 10-11 September, dilanjutkan Seri Surabaya di Supermall Pakuwon City pada 17-18 September, Seri Bogor pada 24-25 September dengan lokasi yang masih belum ditentukan, dan ditutup babak playoff di Bintaro Xchange Mall, Tangerang Selatan, pada 1-2 Oktober.

Sajian utama IBL Gojek 3x3 Tournament 2022 adalah kategori Elite IBL yang dikhususkan untuk 15 tim peserta IBL. Juara kategori Elite IBL akan diberangkatkan mengikuti 3x3 World Tour di Hong Kong pada November mendatang.

Guard Satria Muda Anthony Erga yang akan turut ambil bagian dalam turnamen IBL 3x3 menyambut bergulir kembalinya kompetisi ini.

"Kita sangat menghargai adanya 3x3 ini. Jadi IBL tetap menjaga hype dari musim 5v5 kemarin, langsung ke 3x3," kata Erga yang turut hadir dalam jumpa pers tersebut. "Ini juga bukan event sembarangan karena yang menang nanti bisa main di 3x3 Hong Kong."

Selain kategori Elite IBL, turnamen tersebut dalam setiap serinya juga akan mempertandingkan kategori KU-18 Putra untuk pemain maksimal berusia 18 tahun atau kelahiran 2004, serta Open Men dan Open Women yang dilangsungkan terbuka dengan pemain berusia sekurang-kurangnya 18 tahun atau kelahiran 2004.

Perwakilan Satria Muda selalu berhasil keluar sebagai juara dalam dua edisi IBL Gojek 3x3 sebelumnya pada 2018 dan 2019.

Baca juga: Brachon Griffin dinobatkan MVP Final IBL 2022

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022