Jakarta (ANTARA) - Pebalap Australia Oscar Piastri akan membalap untuk McLaren mulai musim depan setelah tim Formula 1 itu memenangi sengketa kontrak sang pebalap dengan tim Alpine pada Jumat.

Kedua tim mengklaim telah mengamankan jasa pebalap berusia 21 tahun itu, namun Dewan Pengakuan Kontrak sepakat memutuskan McLaren yang memiliki kontrak yang valid.

"Saya sangat senang menjalani debut F1 saya dengan tim berprestasi seperti McLaren dan saya sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan kepada saya," kata Piastri dalam laman resmi McLren, Jumat.

"Tim ini memiliki tradisi panjang dalam memberi kesempatan kepada pebalap muda, dan saya tak sabar lagi bekerja di sisi Lando (Norris) untuk membawa tim ini ke grid depan."

Piastri memiliki catatan impresif setelah memenangi Formula Renault Eurocup pada 2019, kemudian menjuarai Formula 3 tahun berikutnya dan Formula 2 pada 2021. Seluruh gelar dia rebut dalam musim ketika masih rookie.

Piastri akan menjadi tandem Lando Norris mulai 2023, setelah McLaren memperpanjang kontrak Norris berdurasi multi-tahun musim lalu.

"Memenangi F3 dan F2 secara beruntun di musim rookie adalah capaian yang nyata dan bukti dari talentanya di balap kursi tunggal," kata CEO McLaren Racing Zak Brown.

"Dengan Lando dan Oscar kami memiliki jajaran pebalap muda dan bersemangat yang memiliki potensi sangat besar, mendukung kami untuk meraih ambisi masa depan kami."

Baca juga: Ferrari berharap bangkit bertarung di barisan depan di Zandvoort
Baca juga: Statistik Grand Prix Belanda di Zandvoort

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022