berharap warga disiplin menerapkan protokol kesehatan
Manado (ANTARA) - Akumulasi warga Sulawesi Utara (Sulut) yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada Agustus 2022 naik sebanyak empat kali lipat lebih atau sebesar 454,28 persen dibanding bulan Juli sebelumnya.

"Masih meningkat penyebarannya. Karena itu kami terus berharap warga disiplin menerapkan protokol kesehatan serta mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19," sebut Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Sulut, dr Gysje Pontororing di Manado, Jumat.

Data Satgas menyebutkan, pada bulan Juli akumulasi kasus terkonfirmasi positif sebanyak 105 orang, sementara di bulan Agustus naik menjadi 582 orang.

Kasus harian COVID-19 terbanyak terjadi di tanggal 21 Juli yaitu 23 kasus, sementara di bulan Agustus pada tanggal 26 sebanyak 77 kasus.

Baca juga: COVID-19 naik signifikan, Satgas ajak warga Sulut segera divaksin
Baca juga: WHO: Perawatan, kematian COVID-19 bakal naik saat cuaca lebih dingin

Terkait vaksinasi COVID-19 di masyarakat, kata Gysje, pemerintah provinsi menggandeng para pemangku kepentingan di daerah untuk meningkatkan cakupannya.

"Kami berharap peran serta semua pihak mendorong masyarakat yang belum divaksin akan semakin meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi Sulut," katanya.

Dinas kesehatan provinsi serta kabupaten dan kota juga masih melakukan tes cepat diagnostik antigen (RDT-Ag) untuk mengidentifikasi penyebaran COVID-19 di masyarakat.

Tercatat pada tanggal 1 September 2022, ada sebanyak 11 kabupaten dan kota yang melakukan RDT-Ag.

Hasilnya, dari 211 sampel yang diambil, ada sebanyak 18 sampel yang terkonfirmasi positif, sisanya 193 sampel negatif.

Baca juga: Ada 121 tambahan, COVID-19 di Kalsel kembali naik di atas 100 kasus

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022