Jakarta (ANTARA) - Pelita Jaya Bakrie dan Prawira Bandung tergabung dalam Grup D untuk Seri I Turnamen Bola Basket 3x3 IBL 2022 yang bakal bergulir di Discovery Mall, Kuta, Bali, pada Sabtu esok dan Minggu lusa.

Undian itu dilakukan bersamaan dengan technical meeting 15 tim peserta di Bali pada Jumat petang setempat, dan hasilnya langsung diunggah melalui kanal media sosial resmi IBL.

Selain kedua tim itu, Grup D juga berisikan RANS PIK Basketball dan Dewa United Surabaya.

Hasil undian tersebut menjanjikan ulangan intensitas putaran pertama playoff IBL 2022 yang mempertemukan Pelita Jaya dengan RANS , dan Prawira menghadapi Dewa United.

Pelita Jaya dan Prawira keluar sebagai pemenang setelah masing-masing menyisihkan RANS serta Dewa United lewat tiga gim.

Sementara itu tim juara bertahan Satria Muda Pertamina Jakarta masuk Grup B bersama West Bandits Combiphar Solo, Amartha Hangtuah, dan Pacific Caesar Surabaya.

Satria Muda merupakan juara dua edisi berturut-turut, termasuk edisi terakhir sebelum turnamen 3x3 besutan IBL itu harus vakum dua tahun belakangan karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Turnamen 3x3 IBL digelar lagi setelah vakum dua tahun akibat pandemi

Di Grup C terdapat tiga tim debutan IBL 2022 yakni Tangerang Hawks, EVOS Thunder Bogor, dan Bumi Borneo Pontianak, yang akan bergantian menghadapi Satya Wacana Saints Salatiga.

Sedangkan Grup A menjadi satu-satunya yang dihuni tiga tim yakni Bali United Basketball, Bima Perkasa Jogja, dan NSH Mountain Gold Timika.

Secara terpisah dalam sesi jumpa pers penyelenggaraan IBL Gojek 3x3 Tournament 2022 yang digelar di Jakarta, Jumat sore, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah menjelaskan prosedur pengundian grup kompetisi jeda antarmusim tersebut.

"Jadi setiap tim kami kalkulasikan poin masing-masing pemainnya berdasarkan ranking resmi FIBA 3x3. Empat teratas dari 15 tim kami pisahkan ke empat pool berbeda, untuk menyamaratakan level persaingan tiap grup, sisanya kami undi untuk melengkapi semua grup," kata Junas.

Junas menambahkan untuk selanjutnya hasil Seri I Bali akan dijadikan patokan pemeringkatan dan undian Seri II, Seri II untuk Seri III, dan Seri III untuk Seri IV.

Seri II dijadwalkan berlangsung di Sleman City Hall, Yogyakarta, pada 10-11 September. Seri III digelar di Supermall Pakuwon City pada 17-18 September, dan Seri IV dimainkan di Bogor pada 24-25 September.

"Nah, nanti seluruh Seri I-IV poinnya akan dikumpulkan untuk menentukan delapan tim yang main di babak playoff di Bintaro Xchange Mall, pada 1-2 Oktober," ujar Junas.

Selain mempertemukan 15 tim IBL dalam kategori Elite IBL, turnamen ini setiap seri akan mempertandingkan kategori KU-18 Putra untuk pemain maksimal berusia 18 tahun atau kelahiran 2004, serta Open Men dan Open Women yang dilangsungkan terbuka dengan pemain berusia sekurang-kurangnya 18 tahun atau kelahiran 2004.

Baca juga: IBL luncurkan dokumenter perjuangan olahraga lewati pandemi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022