antusias melihat kesuksesan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membangun ekosistem energi terbarukan
Jakarta (ANTARA) - None Jakarta 2022 Zaida Jameela Heinrich ingin menjadi bagian dari menyukseskan transisi energi di DKI Jakarta menjadi energi baru terbarukan seperti diadopsi Pulau Sabira, Kabupaten Kepulauan Seribu yang mengadopsi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

"Pulau terluar yakni Pulau Sabira telah mendapat akses listrik 24 jam dari panel matahari dan generator berbahan bakar diesel. Saya sebagai None, saya ingin berkontribusi meningkatkan kesadaran orang-orang mengenai energi berkelanjutan," kata Zaida saat menjawab ujian pertanyaan dari Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga DKI Jakarta Fery Farhati pada babak tiga besar Malam Puncak Pemilihan Abang-None DKI Jakarta 2022 di Jakarta, Jumat.

None Kepulauan Seribu 2022 itu mengatakan pulau terluar di DKI Jakarta yang berjuluk 'Sang Penjaga Utara' akhirnya mendapat akses listrik 24 jam di masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Zaida yang pernah belajar di Universitas Glasgow, Skotlandia selama kurang lebih tiga bulan melalui program pertukaran pelajar itu mengaku antusias melihat kesuksesan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membangun ekosistem energi terbarukan di Kepulauan Seribu.

"Sejak 2020, Kepulauan Seribu terdiri dari sembilan pulau berpenduduk dan 1.300 pulau lainnya memiliki akses listrik 24 jam yang mempengaruhi ekonomi, keberlangsungan komunitas lokal, dan standar hidup," kata Zaida.

Kini Zaida bertugas mendampingi Abang Jakarta Pusat Andika Pratama sebagai Abang None DKI Jakarta 2022. Mereka mengalahkan sebanyak 38 finalis Abang None Jakarta 2022 dari enam kota/kabupaten di DKI Jakarta.

Tak hanya menggembirakan, kabar itu juga turut membanggakan civitas Universitas Prasetiya Mulya, karena Zaida memberikan pencapaian personal saat masih menjadi mahasiswa S1 Renewable Energy Engineering 2018.

Sejak terakhir terselenggara pada 2019, Abang None Jakarta akhirnya gantian bertugas menjadi Duta Pariwisata DKI Jakarta pada tahun 2022 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, Jumat.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi berharap Zaida bisa mengemban amanah dengan baik dan menjadi penggerak pembangunan kepariwisataan di Jakarta dan Kepulauan Seribu, dengan mengedepankan nilai-nilai integritas dan inklusif yang membahagiakan dan mensejahterakan warga Jakarta, khususnya warga Kepulauan Seribu secara adil dan merata.
Baca juga: Anies sebut banyak PR untuk jadikan Jakarta sebagai Kota Global
Baca juga: Malam puncak Abang None Jakarta 2022 digelar hari ini
Baca juga: Abang-None Jakarta diberi bekal wawasan pariwisata

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022