Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa penting serta menarik terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 27 Agustus sampai 2 September 2022.

Dalam periode tersebut, diinformasikan berita yang layak untuk diulas kembali antara lain mengenai revitalisasi Kota Tua, penyebab kebakaran selama lima tahun terakhir, Forum Urban 20, Jakarta Investment Forum 2022 hingga komisaris Jakpro.

Berikut adalah rangkuman berita Jakarta selama sepekan terakhir:

1. DKI sebut butuh puluhan miliar sulap Kota Tua jadi zona rendah emisi

Jakarta (ANTARA) - Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyebutkan anggaran merevitalisasi Kota Tua di Jakarta Barat mencapai puluhan miliar bertujuan untuk menyulap kawasan tersebut menjadi zona rendah emisi.

"Kenapa bisa hingga puluhan miliar, karena digunakan untuk menyulap Kota Tua menjadi kawasan pedestrian untuk menunjang penerapan zona rendah emisi atau low emission zone (LEZ)," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.
Selengkapnya di sini.

2. Legislator dorong Pemprov DKI manfaatkan aset agar lebih tepat guna

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Eneng Malianasari mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memanfaatkan aset yang dimilikinya seperti rumah dinas pejabat agar lebih tepat guna terutama untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Kami mendorong pemanfaatan aset digunakan untuk kegiatan warga seperti balai warga, posyandu, atau gedung Krida Karang Taruna, atau bahkan bisa dialihfungsikan sebagai lokasi pembangunan rusunawa," kata Eneng dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
Selengkapnya di sini.

3. Lima tahun terakhir, 60-70 persen kebakaran di DKI akibat arus pendek

Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyebutkan, dalam lima tahun terakhir, sebanyak 60-70 persen kebakaran di Jakarta akibat arus pendek listrik (korsleting).

"Kalau dilihat dari tren kebakaran selama lima tahun terakhir ini memang rata-rata itu penyebabnya arus pendek (korsleting), frekuensinya sekitar 60-70 persen kebakaran yang terjadi," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi di Jakarta, Senin.
Selengkapnya di sini.

4. Forum Urban 20 rampungkan komunike yang akan disampaikan dalam G20

Jakarta (ANTARA) - Forum Urban 20 (U20) merampungkan komunike atau rekomendasi menyangkut investasi di bidang kesehatan dan perumahan, transisi energi, serta pendidikan dan pelatihan untuk akses pekerjaan yang akan disampaikan dalam pertemuan G20 di Bali.

"Nantinya komunike yang berhasil disusun di sini bisa menjadi masukan untuk Summit G20 yang berlangsung pada November 2022," kata Gubernur DKI sekaligus Ketua Bersama Urban 20 Anies Baswedan di Jakarta, Selasa.
Selengkapnya di sini.

5. Dinas Perumahan diminta evaluasi keringanan retribusi usaha Rusunawa

Jakarta (ANTARA) - Komisi D DPRD DKI Jakarta meminta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) untuk mengevaluasi pemberian relaksasi terhadap kegiatan usaha di rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) seiring membaiknya pandemi COVID-19.

"Relaksasi ini tak lagi relevan, mengingat telah membaiknya aktivitas masyarakat pascapandemi COVID-19. Aturan pemberian keringanan retribusi, ada baiknya dievaluasi," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.
Selengkapnya di sini.
 
BUMD DKI PT MRT Jakarta menandatangani komitmen kerja sama dengan investor asing untuk pembangunan fase IV di Jakarta Investment Forum (JIF) 2022, Kamis (1/9/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/aa.

6. Tiga BUMD DKI teken kerja sama dengan investor asing di JIF 2022

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tiga BUMD DKI Jakarta menandatangani nota komitmen kerja sama dengan investor asing pada ajang Jakarta Investment Forum (JIF) 2022.

"Ada beberapa yang masih dalam tahapan, ada yang sudah MoU, seperti tadi sudah ada beberapa yang ditandatangani," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Benni Aguscandra di JIF 2022, Jakarta, Kamis.
Selengkapnya di sini.

7. Sekjen Kemendagri jadi komisaris Jakpro untuk jaga hubungan

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro menjadi komisaris PT Jakarta Propertindo untuk menjaga hubungan dengan pemerintah pusat.

"Itu kan satu kebijakan saja. Karena hubungan dengan pemerintah pusat kita jaga," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat.
Selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022