Ajang ini tidak hanya untuk pameran, namun juga membuka pasar baru bagi UMKM Indonesia, khususnya mitra binaan Pertamina
Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) mendorong UMKM menembus pasar internasional atau go global dengan berpartisipasi dalam Festival Tong Tong 2022 yang digelar di Kota Den Haag, Belanda.

"Ajang ini tidak hanya untuk pameran, namun juga membuka pasar baru bagi UMKM Indonesia, khususnya mitra binaan Pertamina. Terbukti bahwa produk UMKM yang dibawa sangat bagus, menarik dan dapat bersaing dengan produk internasional lainnya," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Arya mengatakan Roemah BUMN yang ada di Festival Tong Tong merupakan langkah Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Pertamina dan beberapa BUMN lainnya untuk mendorong UMKM go global.

Dia menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan UMKM mitra binaan Pertamina yang menghadirkan berbagai hasil karya unggulan.

Gelaran festival yang semarak dengan seni tari, musik, sastra dan kuliner Indonesia di Belanda atau dikenal dengan Festival Tong Tong resmi digelar. Pertamina membawa 175 produk terbaik UMKM mitra binaan yang siap go global di ajang yang berlangsung pada 1-11 September 2022 di Kota Den Haag, Belanda.

Pada Festival Tong Tong tahun ini, Pertamina bersyukur bisa menghadirkan mitra binaan dengan produk-produk berkualitas yang dihasilkan dari tangan terampil dari penjuru negeri.

Hal ini menunjukkan komitmen Pertamina dalam menggerakkan perekonomian nasional dengan memajukan UMKM dan memastikan UMKM terus naik kelas menuju go global.

VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan 175 jenis produk berasal dari UMKM di bawah binaan Rumah BUMN Pertamina yang tersebar di 30 titik Indonesia. Produk pun telah melalui proses kurasi ketat yang dilakukan Pertamina serta Panitia Festival Tong Tong 2022.

"Produk UMKM yang terpilih merupakan local champion di pasar domestik dan tentunya memiliki cita rasa dan kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar global. Sebanyak 175 jenis produk unggulan yang lolos kurasi ini terdiri dari fesyen, makanan dan kerajinan", ujarnya.

Baca juga: Pertamina libatkan puluhan UMKM hadirkan kuliner khas Lombok di MotoGP
Baca juga: Pertamina fasilitasi pelaku UMKM ikut pameran Inacraft 2022
Baca juga: Pertamina gelar pameran virtual melibatkan 1.000 UMKM

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022