Los Angeles (ANTARA) - Teleskop Luar Angkasa James Webb (James Webb Space Telescope) milik NASA berhasil mengabadikan gambar langsung sebuah planet di luar tata surya (exoplanet) untuk pertama kalinya, kata NASA pada Kamis (1/9).

Bernama HIP 65426 b, exoplanet pada gambar Webb itu adalah sebuah gas raksasa, yang berukuran sekitar enam hingga 12 kali massa Jupiter, menurut NASA.

Usianya sekitar 15 hingga 20 juta tahun, dibandingkan dengan Bumi yang berusia 4,5 miliar tahun, jelas badan antariksa tersebut.

Seperti yang terlihat melalui empat filter cahaya yang berbeda, gambar tersebut memperlihatkan bagaimana cahaya inframerah Webb yang kuat dapat dengan mudah mengabadikan dunia di luar tata surya, menunjukkan jalan ke pengamatan di masa depan yang akan mengungkap lebih banyak informasi tentang exoplanet dari sebelumnya, kata NASA.

Webb adalah teleskop sains luar angkasa terbesar, terkuat, dan terkompleks di dunia yang pernah dibuat. Ini merupakan program internasional yang dipimpin oleh NASA dengan mitranya, Badan Antariksa Eropa (European Space Agency) dan Badan Antariksa Kanada (Canadian Space Agency). 


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022