Batam (ANTARA) - TNI Angkatan Laut dan Vietnam People Navy (Angkatan Laut Vietnam) menutup Latihan Bersama (Latma) Codex 22B1 atau Coordinated Exercise (Latihan Terkoordinasi) untuk menjalin hubungan bilateral dan kerja sama, di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu.

Pangkoarmada 1 Laksda Arsyad Abdullah menyatakan Codex 22B1 merupakan latihan manuver perdana yang diadakan TNI AL dan Angkatan Laut Vietnam di perairan Indonesia.

“Tujuan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme kedua Angkatan Laut, meningkatkan kerja sama, dan kesepahaman antara TNI AL dengan Angkatan Laut Vietnam dalam rangka hubungan bilateral dan kerja sama militer di bidang keamanan maritim,” ujar Arsyad di Batam, Sabtu.

Baca juga: Kasal tegaskan Angkatan Laut Indonesia sudah mendunia

Arsyad menjelaskan Latma Codex 22B1 melibatkan 3 unsur armada perang.”Dua unsur dari TNI AL yaitu KRI Bung Tomo 357, Helikopter AS 1311, dan satu unsur dari Angkatan Laut Vietnam.

“Secara umum latihan dibagi menjadi tiga fase, yaitu fase darat dari tanggal 29-30 Agustus, fase laut 31 Agustus sampai 1 September dan terakhir 2-3 September 2022,” kata dia.

Arsyad menegaskan bahwa latihan tidak ada kaitannya dengan batas wilayah antara dua negara melainkan hanya untuk menjaga hubungan baik antardua Angkatan Laut.

Baca juga: TNI AL laksanakan Karya Bakti di NTB wujudkan Kampung Bahari Nusantara
Baca juga: Dua kapal patroli cepat perkuat alutsista TNI Angkatan Laut


“Latihan ini tidak ada kaitannya dengan batas wilayah, semata-mata latihan ini kami laksanakan hanya untuk membangun hubungan bilateral dan latihan bersama. Kalau untuk masalah perbatasan itu adalah urusan Kementerian Luar Negeri,” katanya.

Dubes Vietnam Ta Van Thong mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut Indonesia dan Vietnam yang telah menyelenggarakan latihan secara aman dan lancar.

“Latihan ini sejalan dengan kebijakan Pemerintah Vietnam untuk berkontribusi kepada keamanan internasional, termasuk dalam soal pertahanan,” ucapnya.

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022