Jakarta (ANTARA) - Konser "Bertalu Rindu 'Cinta'" yang digelar dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-61 Iwan Fals sukses menjadi ajang melepas rindu sang musisi dengan para penggemar setelah "hiatus" selama dua tahun akibat pandemi COVID-19

Konser yang dipersiapkan khusus oleh sang istri, Rossana Listanto itu digelar di kediaman Iwan Fals di kawasan Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat dan dihadiri oleh ribuan penggemar yang tergabung dalam OI (Orang Indonesia).
 
Musisi Iwan Fals (memegang gitar, depan) tampil di konser Bertalu Rindu "Cinta" di kawasan Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). (ANTARA/HO)



"Ini menjadi ajang silaturahmi, melepas rindu dengan kalian semua," ucap Iwan Fals di sela-sela penampilannya," Sabtu.

Suasana konser terasa hangat dan penuh kekeluargaan, terlihat dari banyaknya penggemar yang membawa serta istri dan anak-anak mereka.

Suasana semakin semarak kala setlist yang dibawakan diisi oleh lagu-lagu lawas yang jarang dinyanyikan oleh Iwan Fals, sehingga berhasil melempar memori para penggemar ke masa-masa keemasan sang legenda.

Belakangan, diketahui bahwa setlist tersebut dipersiapkan khusus oleh Rossana atau yang akrab disapa Yos untuk memberikan sesuatu yang spesial di hari ulang tahun suaminya.

Konser dibuka dengan lagu berjudul "11 Juli 1996" yang berasal dari album Suara Hati yang dirilis pada 2002. Selanjutnya Iwan membawakan dua lagu lainnya dari album tersebut, masing-masing berjudul "Di Ujung Abad" dan "Untuk Para Pengabdi".

Sorak sorai penonton semakin bergemuruh tatkala Iwan Fals memainkan lagu-lagu lawas seperti "Sumbang", "PHK", "Nyanyian Para Preman", "Potret", "Asmara Tak Secengeng Yang Aku Kira", hingga "Yakinlah".
Musisi Iwan Fals (memegang gitar, depan) tampil di konser Bertalu Rindu "Cinta" di kawasan Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). (ANTARA/HO)


Disela-sela konser, tanpa dikomandoi, para penggemar menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" yang disambut dengan senyuman dari pria kelahiran 3 September 1961 itu.

Iwan lalu menyebut beberapa nama musisi yang juga berulang tahun di tanggal dan bulan yang sama dengannya, salah satunya gitaris Slank Ridho Hafiedz.

Energi Iwan Fals masih terlihat prima di usianya yang sudah menginjak kepala enam. Hal itu nampak ketika dia menyanyikan lagu "Air Mata Api" dan "Cinta" dengan penuh semangat. Nada-nada tinggi dipadu irama cepat masih bisa dia nyanyikan dengan sempurna.

Lengkingan-lengkingan khasnya sukses membangkitkan gairah ribuan penggemar untuk semakin lantang bernyanyi.

Lagu-lagu lainnya yang dibawakan penyanyi bernama asli Virgiawan Listanto itu yakni "Aku Sayang Kamu", "Serenade", "Esek-esek Udug-udug", "Nyanyian Jiwa", dan "Kesaksian". Total sebanyak 16 lagu dibawakan di konser yang diselenggarakan oleh Tiga Rambu bekerjasama dengan Loket.com itu.

Tampil sebagai musisi pendukung Iwan Fals adalah Ardy Sikki (bass), Sugarda Wijaya Amiarsa (gitar, perkusi dan keyboard), Otta Tarrega (keyboard dan synth), Zulqi Ramadhan (gitar), serta putra bungsu dari pasangan Iwan Fals dan Yos, Raya Rambu Rabbani (drum).

Di penghujung acara, Yos didampingi kedua anak mereka, Annisa Cikal Rambu Basae dan Raya naik ke atas panggung membawakan kue ulang tahun. Pelukan hangat istri dan anak-anak kepada Iwan Fals menutup konser yang berlangsung selama 2,5 jam itu.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022