Jakarta (ANTARA) -
Dwigol yang dibukukan penyerang Republik Ceko Michael Krmencik mengamankan kemenangan beruntun keempat bagi Persija Jakarta, setelah tim ibu kota itu menundukkan tamunya Bhayangkara FC dengan skor 2-1, pada pertandingan Liga 1 yang dimainkan di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Sabtu.
 
Tambahan tiga poin membawa Macan Kemayoran naik ke posisi keenam pada klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 17 poin. Sedangkan kekalahan kedua secara berturut-turut bagi Bhayangkara membuat pasukan Widodo Cahyono Putro tertahan di posisi ke-13 dengan delapan poin.
 
Berstatus tuan rumah, Persija mencoba menggebrak sejak awal. Krmencik sempat mendapat peluang bagus pada fase awal laga, sebelum sepakannya melambung dari gawang Awan Setho.

Baca juga: Andritany waspadai motivasi meluap Bhayangkara FC
 
Bhayangkara FC justru mampu membuka keunggulan saat laga memasuki menit ke-11. Dendy Sulistyawan yang menerima bola dari lapangan tengah, mampu mengatasi kawalan Muhammad Ferrari dan Riko Simanjuntak, untuk kemudian menyelesaikan peluang dengan sepakan kaki kanan yang bersarang ke gawang Persija.
 
Keunggulan The Guardian hanya berusia dua menit. Abdulla Yusuf mengirim bola ke kotak penalti Bhayangkara yang diteruskan oleh Firza Andika. Bola kemudian disambut tandukan penyerang jangkung Michael Krmencik yang menjadi gol penyama kedudukan.
 
Saling jual-beli serangan kembali terjadi. Bek Persija Ondrej Kudela mendapat peluang bagus dari situasi tendangan sudut, namun sepakan pemain Republik Ceko itu masih melebar ke sisi kiri gawang Awan Setho. Berikutnya giliran Andritany menyelamatkan gawang Persija, saat ia mampu mengatasi sepakan Youssef Ezzejjari.
 
Persija yang meningkatkan intensitas serangan, kembali meneror gawang tamunya. Sepakan Krmencik menyambut umpan mendatar Yusuf masih melambung, dilanjutkan oleh dua sundulan Yusuf yang gagal berbuah gol. Sundulan pertama dapat ditepis Awan Setho, sedangkan sundulan berikutnya mengarah lurus ke arah sang kiper.
 
Bhayangkara mendapat peluang bagus menjelang turun minum dengan bekal keunggulan. Sayangnya sepakan Muhammad Hargianto pada menit ke-42 masih melebar.

Baca juga: Doll tidak mau Persija lengah setelah menang tiga kali berturut-turut
 
Setelah turun minum, peluang pertama didapat oleh Persija lewat sundulan Riko dari situasi tendangan sudut. Namun sundulan pemain bertubuh kecil itu masih melebar ke sisi kanan gawang Awan Setho.
 
Peluang bagus kemudian menjadi milik Bhayangkara pada menit ke-52. Abdul Rachman mengirim umpan silang untuk kemudian diterima oleh Ahmad Najam. Kiper Persija Andritany sebenarnya sudah mati langkah untuk mengantisipasi ancaman, tetapi sepakan Najam justru melambung ke atas mistar gawang.
 
Memasuki menit ke-56, Krmencik kembali menulis namanya di papan skor. Diawali tendangan bebas Syahrian Abimanyu, Krmencik mampu menerima bola tanpa mendapat kawalan, dan dengan mudah ia melepaskan tembakan yang bersarang ke sudut kiri gawang Bhayangkara.
 
Tim tamu yang ingin memetik hasil positif belum patah arang. Hargianto mendapat peluang bagus pada menit ke-71, sebelum tembakannya dapat diblok Hansamu Yama sehingga hanya berbuah tendangan sudut.
 
Menjelang laga usai, justru Persija yang mendapatkan peluang. Pertama dari sepakan spekulasi Kudela yang melebar ke sisi kiri gawang Bhayangkara, kemudian dari tembakan pemain pengganti ALfrianto Nico yang terdefleksi dan dapat ditepis kiper Awan Setho.

Baca juga: Formasi pertahanan Persija masih dapat diutak-atik Thomas Doll
 
 
Susunan pemain:
 
Persija Jakarta: Andritany Ardhyasa, Ondrej Kudela, Ferrari, Hansamu Yama, Firza Andika (Frenki Mesa 65'), Riko Simanjuntak (Alfrianto Nico 66'), Hanif Syahbandi, Syahrian Abimanyu (Rio Fahmi 85'), Hanno Behrens (Ricky Cawor 85'), Abdulla Yusuf Helal (Reski 60'), Krmencik
 
Pelatih: Thomas Doll
 
Bhayangkara FC: Awan Setho Raharjo, I Putu Gede Juni Antara, Abdul Rachman, Muhamad Hargianto (Teuku Ichsan 75'), Adam Ahmad Najem (Sani Rizki 61'), Finky Masamba (Andik 75'), Dendy Sulistyawan, Wahyu Subo Seyo, Indra Kahfi Ardhiyasa (Nurhidayat 49'), Asyraq Gufron Rachmadhan, Youssef Ezzejjari
 
Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Baca juga: Hanno Behrens puas dengan penanganan cedera di Persija

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022