Jakarta (ANTARA) - Petra Kvitova menyelamatkan dua match point sebelum menuntaskan pembalikan mengesankan pada set ketiga untuk balik mengalahkan Garbine Muguruza dan mencapai babak 16 besar US Open pada Sabtu waktu setempat.

Unggulan ke-21 asal Ceko itu sempat terlihat bakal tersisih dari turnamen ini setelah tertinggal 2-5 dalam set ketiga setelah pada dua set pertama kedua petenis saling berbalas merebutnya.

Namun juara Wimbledon dua kali itu dengan luar biasa bangkit guna menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Dia kemudian melawan dua match point Muguruza pada kedudukan 5-6 sebelum bertahan untuk memaksakan tie break hingga akhirnya menang 5-7, 6-3, 7-6 (12 /10) dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Arthur Ashe itu.

Baca juga: Serena Williams tersingkir dari US Open

Kvitova mengaku terinspirasi oleh kekalahan Serena Williams pada Jumat malam ketika juara Grand Slam 23 kali itu menyelamatkan lima match point sebelum akhirnya tersingkir.

"Saya menonton Serena tadi malam dan sungguh menakjubkan bagaimana dia menyelamatkan match point. Saya mencoba melakukan hal yang sama hari ini," kata Kvitova seperti dikutip AFP.

"Tadi itu pertandingan yang hebat, pertarungan yang menakjubkan. Dia melakukan servis dengan sangat baik dan saya sempat gugup," tambah petenis berusia 32 tahun itu.

Kvitova yang penampilan terbaiknya dalam US Open adalah mencapai perempat final 2015 dan 2017, akan menghadapi petenis Amerika Serikat Jessica Pegula atau petenis China Yuan Yue dalam babak keempat.

Baca juga: Zverev akan kembali ke ATP Tour di Korea Open

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022