Mamuju (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, "Sandeq" atau perahu khas suku Mandar harus menjadi inspirasi dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.

"Kiranya bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menghadapi berbagai persoalan ke depan, baik persoalan yang ada di Sulbar, juga persoalan-persoalan bangsa kita," kata Tito Karnavian, di Mamuju, Minggu.

Hal tersebut dikatakan Mendagri, saat berkunjung ke Mamuju Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka pelepasan peserta Festival Sandeq 2022.

Mendagri mengaku, baru pertama kali mendengar perahu Sandeq.

Namun setelah membaca sejarah perahu Sandeq, ia pun mengaku bangga bahkan perahu bercadik asal tanah Mandar itu selayaknya menjadi inspirasi Indonesia.

Ia melihat inspirasi Sandeq tertanam pada masyarakat Sulbar.

Hal itu lanjutnya, dapat dilihat dari ketangguhan dalam menghadapi COVID-19 selama dua tahun terakhir, ditambah gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo pada Januari 2021.

"Ini sama dengan Jepang. Kenapa, karena mereka bangsa petarung dan Sulbar masyarakat petarung," ujar Tito Karnavian.

Mendagri juga menyinggung soal kenaikan harga dan inflasi dan menyebut sebagai gelombang yang harus dihadapi melalui jiwa petarung seperti "passandeq" dapat dilalui.

"Ini adalah gelombang-gelombang yang kita lalui dan badai pasti berlalu," tutur Tito Karnavian.

Terkait pelaksanaan Festival Sandeq 2022 Indonesia Mendukung IKN, Tito Karnavian mengapresiasi atas dukungan terhadap kelanjutan misi membangun IKN di Kalimantan Timur.

Dijelaskan, enam provinsi termasuk Sulbar dan 41 kabupaten diuntungkan dalam pembangunan IKN, karenanya penting agar membangun dukungan misi pembangunan IKN.

"Sehingga apapun yang terjadi pada kontestasi Pemilu 2024, siapa pun presidennya, enam provinsi dan 41 kabupaten harus kompak meminta agar IKN tidak boleh berubah, harus tetap di sana (Kaltim)," kata Tito Karnavian

Kepada "passandeq" atau awak perahu sandeq, Mendagri berharap agar tetap mengutamakan keselamatan.

"Semoga para passandeq dan krunya selamat tiba sampai tujuan," kata Tito Karnavian.

Sementara, Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Mamuju serta masyarakat Sulbar yang turut mendukung Festival Sandeq 2022.

Soal pemberangkatan, Akmal Malik mengaku pihaknya harus memastikan kesehatan passandeq dan kesiapan perahu sandeq berlayar mengarungi Selat Makassar menuju IKN.

"Kita utamakan keselamatan passandeq," ujar Akmal Malik.

Baca juga: Perahu sandeq Sulbar mulai berlayar menuju IKN

Baca juga: Festival Perahu Sandeq Sulbar singgahi dua pulau di Selat Makassar

Baca juga: Sulbar matangkan pelaksanaan festival perahu tradisional Sandeq

Pewarta: Amirullah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022