Pontianak (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Singkawang berkolaborasi memberikan santunan kepada 30 pasien kelas 3 di RSUD Abdul Aziz Singkawang yang menjadi korban bencana banjir.

"Santunan diberikan kepada pasien kelas 3 RSUD Abdul Aziz Singkawang yang menjadi korban bencana banjir akibat hujan deras sepekan yang lalu," kata Ketua Baznas Provinsi Kalbar Uray M Amin di Singkawang, Minggu.

Uray M Amin mengatakan, dengan pemberian santunan tersebut diharapkan dapat meringankan penderitaan yang dialami para pasien kelas 3 yang terdampak banjir.

Baca juga: Kota Singkawang terendam banjir akibat hujan deras

"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan bisa menjadi pemicu bagi kawan-kawan di daerah yang lain untuk bisa meneruskan kegiatan serupa," katanya.

Menurut dia, masing-masing pasien mendapatkan santunan sebesar Rp500 ribu.

Ketua Baznas Kota Singkawang H Mahmudi mengatakan santunan yang diberikan merupakan salah satu bagian untuk mendistribusikan dari unit pengumpul zakat (UPZ) yang ada di Singkawang khususnya di RSUD Abdul Aziz.

Baca juga: Banjir di Kota Singkawang semakin meluas

"Mereka sudah menyetorkan zakatnya untuk masyarakat Kota Singkawang dan sebagai wujud nyata maka kita kembalikan kepada warga yang berhak," katanya.

Dengan demikian, kata dia, para umat Muslim bisa melihat bahwa zakat yang mereka titipkan ke Baznas Singkawang betul-betul disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang Achmad Hardin berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga bisa menunjukkan bahwa zakat mereka tersalurkan kepada yang berhak.

Baca juga: Pemprov Kalbar siap bantu Singkawang yang dilanda banjir

"Jika memang kita masuk dalam kategori wajib dalam memberikan zakat, infak maupun sedekah, tentu nantinya akan timbul semangat untuk saling membantu terhadap sesama yang memang membutuhkan," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022