Kita percaya musik ukulele hadir membawa kebaikan untuk Maluku
Ambon (ANTARA) - Komunitas musik ukulele di Maluku mencanangkan Hari Musik Ukulele Maluku setiap 4 September sebagai upaya melestarikan budaya dan kampanye perdamaian melalui musik.

Pencanangan Hari Musik Ukulele Maluku ditandai dengan kehadiran 1.200 anak-anak yang memainkan alat musik ukulele dan dukungan dari pemerintah daerah Provinsi Maluku, Kota Ambon, serta unsur TNI Polri, di Ambon, Minggu.

Koordinator komunitas Moluccan Ukulele Nico Tulalessy menyatakan, pencanangan hari ukulele di Maluku diharapkan akan memacu anak-anak di Maluku untuk melestarikan budaya, sekaligus membangkitkan wisata musik khususnya musik ukulele.

Baca juga: Presiden Jokowi menikmati suguhan musik ukulele anak-anak Maluku

"Kita percaya musik ukulele hadir membawa kebaikan untuk Maluku, dan pencanangan hari musik ukulele akan mempengaruhi anak-anak di Maluku untuk bermain ukulele," katanya.

Melalui kegiatan ini, katanya, bukan sekadar bermain ukulele bersama tetapi mengedukasi masyarakat dan para musisi untuk bergabung bersama membangun Maluku.

"Selama ini para musisi bergerak sendiri tetapi ketika bergabung di hari ini ada nilai kebersamaan karena di dukung pemerintah, masyarakat, orang tua juga media," katanya.

Nico menjelaskan, langkah selanjutnya pihaknya akan menggalang donasi, dukungan dari berbagai pihak di dalam maupun luar negeri untuk membantu ukulele bagi anak Maluku.

"Yang terdata di kami sebanyak 1.500 pemain ukulele yang tersebar di Maluku termasuk anak - anak Maluku di Papua," kata Nico yang mengaku bersyukur telah mendapatkan bantuan dari swasta berupa 90 unit alat musik ukulele.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M Wattimena juga memberikan dukungan pencanangan hari ukulele di Maluku, sebagai upaya mendukung Ambon yang sudah ditetapkan sebagai kota musik dunia oleh UNESCO.

"Selaku pemerintah kami mendukung pencanangan hari ukulele, semoga musik ukulele akan terus menebarkan cinta dan damai dari Ambon dan Maluku," katanya.

Ribuan anak Maluku memainkan instrumen sejumlah lagu dengan ukulele, di antaranya lagu Indonesia Pusaka, Nusaniwe Tanjung Alang, dan mars Ukulele.

Baca juga: "Ukulele" pengamen yang dirusak Satpol-PP diganti Wali Kota Pontianak

Baca juga: Amanda Rawles belajar main ukulele

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022