Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pertanggungjawaban (SIPPP) keuangan yang bertujuan untuk tata kelola yang terintegrasi dan menghubungkan seluruh sumber daya yang ada di kampus itu.

“Sistem ini dikembangkan dengan arsitektur microservice, sehingga memungkinkan pengambilan keputusan dilakukan cepat oleh manajemen karena data yang ada 'real time',” ujar Rektor UT Prof Ojat Darojat di kampus UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Minggu.

Baca juga: UT dorong perluasan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat

Peluncuran aplikasi tersebut bertepatan dengan Dies Natalis Ke-38 UT.

Dia menjelaskan aplikasi tersebut membuat proses bisnis menjadi lebih singkat karena sistem sudah terintegrasi.

“Penerapan teknologi kecerdasan buatan memungkinkan fungsi analitik yang semakin baik,” kata dia.

Ojat berharap pengembangan teknologi itu akan membawa terobosan inovasi dari konsep konvensional tata kelola dan proses pembelajaran di UT.

Baca juga: UT fokus pada enam aspek dalam transformasi menuju PTN BH

Selain SIPPP, ada pula peluncuran Aplikasi Kerja Sama (Aksara). Sedangkan sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia di UT, dilakukan pula peluncuran UT-Corpu dan pencanangan kegiatan budaya kerja organisasi yang ditetapkan berdasarkan nilai-nilai yang mencakup kualitas, integritas, inovasi, aksesibilitas, relevansi, dan akuntabilitas (KIIARA), menjadi bagian dari acara puncak Dies Natalis UT.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendukung terobosan UT yang akan segera terjun ke metaverse untuk mempermudah pelayanan akademik dan nonakademik kepada para mahasiswa dan sivitas akademika.

Baca juga: UT luncurkan aplikasi pengelolaan perguruan tinggi terintegrasi

“Terobosan ini akan memantapkan UT sebagai cyber university dan cyber academy, serta mendukung transformasi status baru UT sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum,” kata Bambang.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022