Badung (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil melaju ke babak final Turnamen 3x3 IBL Seri I Bali setelah menang tipis 19-18 dari tuan rumah Bali United Basketball di kawasan Kuta, Minggu.

Para pemain Bali, Abraham Wenas, Surliyadin, Rico Aditya, dan Jason Kurniawan tidak dapat membuat skor imbang sampai detik terakhir pertandingan, meskipun mereka berupaya memperpendek ketertinggalan skor dari tim lawan.

Dengan demikian, Satria Muda yang diperkuat oleh Sandy Ibrahim, Avan Seputra, Kevin Yonas, dan Rizal Falconi bakal menghadapi Bima Perkasa Jogja di laga final Turnamen 3x3 IBL Seri I Bali, Minggu.

Bali United pada menit pertama pertandingan langsung tertinggal tiga poin dari Satria Muda yang memang ingin mempertahankan gelar juara Turnamen 3x3 IBL.

Walaupun demikian, Surliyadin, yang juga pemain tim nasional 3x3 berhasil memecah skor nihil Bali dan menyumbang poin pertama untuk tim.

Namun hingga pertengahan pertandingan, Satria Muda tampil dominan terbukti dari jarak skor yang terpaut setidaknya sampai lima angka.

Baca juga: IBL: Turnamen 3x3 di Bali bangkitkan animo masyarakat terhadap basket

Situasi demikian ternyata tidak menyurutkan semangat pemain Bali berkat salah satunya dukungan para suporter yang memenuhi tribun penonton.

Perlahan, Abraham Wenas dan kawan-kawan berupaya memperpendek selisih skor hingga tersisa satu poin pada tiga detik terakhir sebelum pertandingan berakhir. Akan tetapi, Bali United harus puas berlaga hanya sampai babak semifinal.

Kemenangan Satria Muda di laga semifinal sejalan dengan harapan tim yang bertekad meraih gelar juara untuk Seri I Bali Turnamen 3x3 IBL pada 3–4 September 2022.

Guard Satria Muda Pertamina Jakarta Antoni Erga saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (2/9), menyampaikan tim masih haus gelar juara.

"Teman-teman yang masuk roster ini masih haus buat juara, ingin mempertahankan gelar edisi kemarin," kata Erga.

Erga merupakan satu dari enam pemain yang masuk dalam roster Satria Muda untuk Turnamen 3x3 IBL 2022, tapi ia tidak turun di laga Seri I Bali. Kemungkinan, ia baru turun pada Seri II Yogyakarta.

Turnamen IBL 3x3 2022 adalah kategori Elite IBL yang dikhususkan untuk 15 tim peserta IBL. Juara dari kategori Elite IBL akan diberangkatkan mengikuti kompetisi 3x3 World Tour di Hong Kong pada November 2022.

Baca juga: Antoni Erga tegaskan tekad Satria Muda pertahankan gelar 3x3 IBL
Baca juga: Turnamen 3x3 IBL digelar lagi setelah vakum dua tahun akibat pandemi

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022