..pentingnya dan krusialnya inovasi digital serta pengembangan ekosistem startup
Bali (ANTARA) - Under Secretary Ministry of External Affairs India Naman Upadhyaya menyebutkan India akan membuat engagement group bernama "Startup20" dalam rangkaian Presidensi G20 2023 untuk mewadahi perkembangan inovasi teknologi digital dan perusahaan rintisan (startup) setelah terinspirasi oleh kepemimpinan Indonesia di G20.

"Di dalam presidensi kami (India) sebagaimana juga Indonesia telah menggaris bawahi pentingnya dan krusialnya inovasi digital serta pengembangan ekosistem startup, maka kami berencana dan mengajukan untuk membentuk engagement group yang secara khusus didedikasikan untuk startup dan inovasi digital bernama Startup20," kata Naman di Nusa Dua,Bali, Minggu.

Hal itu diungkapkan Naman setelah menyebutkan bahwa India akan kembali membahas prioritas yang juga dibahas dalam Presidensi G20 Indonesia terutama terkait transformasi digital.

Baca juga: Indonesia tutup DIN G20 dengan pemberian apresiasi kepada "startup"

Beberapa fokus bahasannya di antaranya terkait inovasi teknologi digital, keamanan siber dan digital, konektivitas digital, dan literasi digital.

Diharapkan dengan pembahasan-pembahasan tersebut akan lebih banyak pemikiran, ide, dan solusi baru untuk menjawab tantangan global di era digitalisasi masa kini.

Adapun dalam Presidensi G20 Indonesia, bahasan-bahasan mengenai transformasi digital dan pengembangannya dikupas dalam kelompok kerja yang dipimpin Kementerian Komunikasi dan Informatika bernama Digital Economy Working Group atau DEWG.

Kelompok kerja itu merupakan kelompok kerja pertama yang muncul di forum G20 dan memang ditujukan untuk membahas lebih dalam pentingnya transformasi digital serta dampaknya terhadap ekonomi global.

Terkait dengan inovasi digital dan pengembangan startup, di dalam DEWG G20 Indonesia dihadirkan lewat side event bernama Digital Innovation Network (DIN) G20.

Acara tersebut berhasil menggaet 400 peserta secara luring dan 200 peserta secara daring dari 55 startup , 42 modal ventura, dan pemangku kebijakan sektor teknologi serta digital dari 20 negara anggota G20 serta negara-negara undangan.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan pameran Digital Transformation Expo di KTT G20

Baca juga: Menkominfo: G20 DIN mampu jadi katalis pertumbuhan ekonomi digital

Baca juga: Menkominfo yakin pertemuan menteri digital G20 tak berhenti di DEMM

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022