Badung (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta merebut gelar juara di Turnamen 3x3 IBL Seri I Bali setelah menang 21-11 dari Bima Perkasa Jogja pada laga final di Discovery Mall Kuta, Badung, Bali, Minggu.

Dengan demikian, Satria Muda menjadi tim pertama yang memperoleh 100 poin di Turnamen 3x3 IBL Seri I Bali.

Nantinya, Satria Muda dan tim lain masih harus menambah perolehan poin dari rangkaian Turnamen 3x3 IBL lainnya yang digelar di Yogyakarta pada 10–11 September, Surabaya pada 17–18 September, Bogor pada 24–25 September, dan terakhir Tangerang pada 1–2 Oktober 2022.

Sementara itu, Bima Perkasa yang menempati posisi runner-up Turnamen 3x3 IBL Seri I Bali, memperoleh 80 poin, kemudian Bali United Basketball dan Pacific Caesar Surabaya yang berbagi urutan ketiga memperoleh 70 poin pada seri pertama Turnamen 3x3 IBL.

Tim Satria Muda yang diperkuat oleh Kevin Yonas, Rizal Falconi, Avan Seputra, dan Sandy Ibrahim otomatis keluar jadi juara setelah mereka mencetak poin ke 21 pada sisa waktu 12 detik sebelum pertandingan berakhir.

Baca juga: Satria Muda melaju ke final 3x3 setelah menang tipis dari Bali United

Tembakan 2 poin Sandy Ibrahim dari sisi kanan lapangan pun menghentikan asa Bima Perkasa Jogja yang hanya mampu mencetak 11 poin selama pertandingan.

Sandy Ibrahim dan pemain Satria Muda lainnya yang turun pada Turnamen 3x3 IBL Seri I Bali mampu bermain konsisten, meskipun mereka hanya punya waktu istirahat dan persiapan kurang lebih 20 menit setelah bertanding di laga semifinal melawan Bali United.

Terbukti, Satria Muda mampu mencetak skor lebih dulu dan meninggalkan Bima Perkasa Jogja yang kesulitan mengejar ketertinggalan sejak menit awal pertandingan.

Bima Perkasa Jogja, yang diperkuat oleh Ikram Fadhil, Indra Muhammad, Avin Kurniawan, dan Restu Dwi, sempat memperpendek ketertinggalan hingga selisih 3 poin saat waktu tersisa 3 menit. Namun, usaha mereka itu tak berbuah hasil.

Kemenangan Satria Muda di Seri I Bali sejalan dengan harapan tim yang bertekad meraih gelar juara untuk Turnamen 3x3 IBL tahun ini.

Baca juga: Turnamen 3x3 IBL digelar lagi setelah vakum dua tahun akibat pandemi

Guard Satria Muda Pertamina Jakarta Antoni Erga saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (2/9), menyampaikan tim masih haus gelar juara.

“Teman-teman yang masuk roster ini masih haus buat juara, ingin mempertahankan gelar edisi kemarin,” kata Erga.

Erga merupakan satu dari enam pemain yang masuk dalam roster Satria Muda untuk Turnamen 3x3 IBL 2022, tapi ia tidak turun di laga Seri I Bali. Kemungkinan, ia baru turun pada Seri II Yogyakarta.

Turnamen IBL 3x3 2022 adalah kategori Elite IBL yang dikhususkan untuk 15 tim peserta IBL. Juara dari kategori Elite IBL akan diberangkatkan mengikuti kompetisi 3x3 World Tour di Hong Kong pada November 2022.

Baca juga: IBL: Turnamen 3x3 di Bali bangkitkan animo masyarakat terhadap basket

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022