Selamat MXGP Samota mendapat penghargaan dunia
Jakarta (ANTARA) - Seri Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) Samota-Sumbawa yang bergulir pada 25-26 Juni lalu memberikan kesan baik di mata internasional, sehingga mendapat penghargaan untuk kategori MXGP Best Media Opportunity dalam MXGP Awards 2022 di Turki, Minggu (4/9) waktu setempat.

Dilansir laman resmi MXGP, Senin, malam penganugerahan tersebut dihadiri CEO Infront Moto Racing David Luongo dan Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) Jorge Viegas.

Meski baru kali pertama bergulir, Sumbawa dinilai mampu menggelar seri ke-12 di Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan baik.

Baca juga: Gubernur NTB tanam pohon di Sirkuit MXGP Samota sambut 1 Muharam

Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam akun resmi Instagram mengunggah cuplikan video penghargaan tersebut dan mengucapkan selamat kepada masyarakat Sumbawa.

"Selamat MXGP Samota mendapat penghargaan dunia. Selamat kepada teman-teman, Pemda Kabupaten Sumbawa yang menyambut tamu luar biasa sehingga meninggalkan kesan yang luar biasa dan sulit dilupakan," kata Zulkieflimansyah.
 

Malam penghargaan ini sekaligus menutup rangkaian perlombaan MXGP musim 2022. Tim Gajser asal Slovakia yang menjadi juara dunia sekaligus menyapu bersih dua race MXGP Samota-Sumbawa dinobatkan sebagai pebalap terbaik tahun ini.

Ketika seri MXGP Samota-Sumbawa bergulir pada 25-26 Juni lalu, berbagai pujian pun terlontar. Ketika itu, Direktur Komisi Motocross FIM Antonio Alia Portela mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat masyarakat Indonesia.

"Terima kasih dengan semua persiapan dan segala sambutan dari masyarakat Indonesia. Dua tahun setelah pandemi COVID-19, seri MXGP kembali ke Indonesia dan kami sangat berharap bisa kembali lagi tahun depan," kata Portela.

David Luongo juga menyebut acara MXGP di Indonesia selalu spesial. Terlebih dengan hadirnya sirkuit baru, Rocket Motor Circuit MXGP Samota-Sumbawa yang indah.

"Kami tidak memiliki lokasi terindah selain Samota. Sirkuit sangat bagus dan indah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mempersiapkan ajang ini, meski dengan waktu yang singkat. Kami bangga dan merasa diterima seperti keluarga. Kami berharap ajang ini akan berlanjut pada tahun-tahun berikutnya," ujar David Luongo.

MXGP Samota-Sumbawa mendapat perhatian baik di dalam dan luar negeri karena setelah 2019 akhirnya dapat terselenggara di kawasan Asia dengan Indonesia menjadi tuan rumah.

Baca juga: Tim Gajser terkesan dengan keramahan masyarakat Indonesia
Baca juga: Diva Ismayana belum puas setelah crash pada race 2 seri MXGP Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022