Kudus (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kudus, Jawa Tengah, memberikan pelayanan ekstra terhadap peserta yang datang ke kantor dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional, Senin.

Pelayanan ekstra yang diberikan, mulai dari penyambutan pelanggan tidak hanya oleh petugas yang biasa melayani, melainkan Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala BPJAMSOSTEK Kudus Budi Hananto beserta jajaran di bawahnya juga turun langsung melayani. Para pengunjung juga disuguhi aneka permainan dengan berbagai hadiah menarik serta diberikan cenderamata, makanan, dan nasi kotak.

Sumaryanti, salah seorang pengunjung yang hendak mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) di Kudus, mengaku terkejut dengan penyambutan tersebut, karena tidak seperti biasanya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK ingatkan perusahaan patuhi aturan ketenagakerjaan

"Penyambutannya luar biasa dan pelayanannya juga ramah serta informatif. Awalnya hanya tahu klaim Jaminan Hari Tua (JHT) harus datang ke kantor, ternyata bisa dilakukan secara daring setelah dibantu oleh petugas," ujarnya.

PPS Kepala BPJAMSOSTEK Kudus Budi Hananto mengatakan dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional, semua kepala bidang dan karyawan turun langsung untuk memberikan informasi dan membantu proses klaim dari peserta yang datang ke kantor pada Senin (5/9).

"Klaim baik secara daring maupun di tempat. Bagi peserta milenial diarahkan dan dipandu untuk mengajukan klaim secara daring, sedangkan yang usia pensiun atau usia lanjut akan dilayani secara langsung oleh petugas atau melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO)," ujarnya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK jalankan program pelatihan kerja bagi disabilitas

Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk memberikan sosialisasi kepada peserta tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJAMSOSTEK sebagai pihak yang ditunjuk pemerintah sebagai pelaksana program tersebut.

"Kami juga menjelaskan terkait perlindungan dan manfaat apa saja yang diperoleh peserta jaminan sosial ketenagakerjaan apabila terjadi risiko kerja," ujarnya.

Selain mengadakan kuis, pihaknya juga memberikan cenderamata kepada peserta yang datang ke kantor cabang, berulang tahun pada pelaksanaan Hari Pelanggan Nasional, serta bagi mereka yang melakukan pemutakhiran data maupun mengunduh aplikasi JMO.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Cabang Purwokerto bayarkan klaim sebesar Rp278,8 miliar

Selain itu, ada juga lomba fotografi yang mengangkat tema "Perlindungan Jaminan Sosial Bagi Pekerja Bukan Penerima Upah" yang diperuntukkan bagi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan yang bertujuan memberikan edukasi, kesadaran dan pemahaman akan pentingnya jaminan sosial dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia.

Perayaan Hari Pelanggan Nasional juga dilaksanakan di seluruh kantor cabang perwakilan di bawah wilayah kerja Kantor BPJAMSOSTEK Kudus, yakni Kantor Cabang Perwakilan (KCP) Jepara, Pati, Rembang, dan Blora.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022