Jakarta (ANTARA) - Arab Saudi semakin dekat menjadi tuan rumah seri kejuaraan dunia sepeda motor bergengsi MotoGP setelah menandatangani perjanjian dengan promotor MotoGP, Dorna.

Dorna Sports dan Saudi Motorsport Company pada Senin "memastikan bahwa penandatanganan Nota Kesepahaman yang menguraikan niat bersama mereka membawa seri balap motor utama dunia itu ke Kerajaan (Saudi)".

“Penambahan Arab Saudi dalam kalender MotoGP itu akan membuat olahraga ini berkembang lebih jauh sampai Timur Tengah di mana saat ini Qatar menjadi satu-satunya tuan rumah di wilayah ini."

Baca juga: Arab Saudi ingin gelar MotoGP

MotoGP mengatakan balapan ini rencananya dilangsungkan di sebuah sirkuit yang baru dibangun yang disetujui Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan Sepeda Motor (FIM).

Sirkuit itu mungkin berada di Qiddiya, sebuah "kota hiburan" besar yang sedang dibangun di dekat Riyadh.

Arab Saudi menunjukkan hasrat yang semakin besar untuk membesarkan namanya dalam dunia olahraga demi meningkatkan citranya di kancah internasional.

Negara ini sudah menjadi tuan rumah Reli Dakar sejak 2020 dan menggelar Grand Prix Formula Satu di sebuah sirkuit jalanan di Jeddah untuk pertama kalinya tahun lalu, demikian AFP.

Baca juga: MotoGP rilis kalender provisional 2022, Mandalika tuan rumah seri ke-2

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022