Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan Dr (HC) H Sahbirin Noor menyampaikan, daerahnya terus bersiap sebagai tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-29 yang dijadwalkan digelar pada 10--19 Oktober 2022.

Menurut dia di Banjarmasin, Senin, semangat MTQ Nasional di Kalsel diharapkan bisa berlangsung sukses dan menyenangkan berbagai pihak.

"Kita akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional yang baik dan menyenangkan bagi semua tamu yang datang di banua (daerah) ini," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalsel siapkan jalur alternatif saat MTQ nasional digelar

Dia menyebut, kebanggaan bagi Kalsel menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya. Setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada tahun 1970.

Momentum inilah, kata Paman Birin panggilan akrab Gubernur Kalsel menjadi penyemangat Kalsel untuk menyiapkannya dengan baik.

Baca juga: Kalsel persiapkan qori dan qoriah untuk target juara umum MTQ Nasional

Seperti halnya momen haul Guru Sekumpul atau Ulama Karismatik Kalsel KH Zaini bin Abdul Gani yang dilaksanakan dan mendapat kunjungan tamu dari seluruh penjuru nusantara, bahkan dunia.

“Kita ingat waktu Haul Guru Sekumpul, kita semua warga menyambut dengan senang dan melayani tamu dengan gembira. Kita senang, tamu pun merasa senang juga. Semoga semangat itu juga akan kita lakukan waktu MTQ Nasional bulan Oktober ini," ujarnya.

Baca juga: Wakil Menteri Agama luncurkan MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan

Kegiatan MTQ Nasional ke-29 di Provinsi Kalimantan Selatan telah diluncurkan Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi pada 25 Agustus 2022.

Pembukaan MTQ Nasional ke-29 yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo bertempat di Objek Wisata Alam Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Baca juga: Sembilan cabang dilombakan pada MTQ nasional Korpri VI di Padang

Adapun venue perlombaan MTQ Nasional ke-29 tersebar di tiga daerah, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Baca juga: Kalsel terus bersiap selenggarakan MTQ nasional ke-29 tahun 2022

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.

Pewarta: Sukarli
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022