Jakarta (ANTARA) - Jessica Pegula menjadi petenis putri Amerika Serikat kedua setelah Coco Gauff yang melaju ke perempat final US Open tahun ini setelah menyingkirkan juara Grand Slam dua kali Petra Kvitova dua set langsung pada Senin waktu AS.

Unggulan kedelapan berusia 28 tahun itu tak terpengaruh penundaan laga akibat hujan di lapangan Stadion Arthur Ashe untuk menang 6-3, 6-2. Dia melaju ke delapan besar guna menghadapi pemain nomor satu dunia Iga Swiatek.

Pegula yang orang tuanya adalah miliarder pemilik klub NFL, Buffalo Bills, selalu memegang kendali melawan lawannya yang petenis veteran Ceko yang mengalahkan petenis Spanyol Garbine Muguruza dalam babak ketiga itu.

Pegula mencetak break untuk unggul 4-3 pada set pertama setelah laga sempat dihentikan karena hujan. Dia memimpin 5-3 sebelum mematahkan servis lagi untuk mengakhiri set dengan 6-3.

Kvitova sepertinya menggenjot performanya pada set kedua sampai langsung melakukan break sebelum memimpin 2-0.

Namun setelah itu Kvitova keteteran sampai membuat total 24 kesalahan sendiri, sebaliknya Pegula merebut enam game langsung guna merampas set kedua ini yang sekaligus menutup pertandingan ketika pengembalian bola Kvitova melebar dari garis lapangan.

Pegula mencapai perempat final Australian Open dan French Open musim ini tetapi tidak pernah melangkah lebih jauh dari babak ketiga pada lima penampilan sebelumnya dalam US Open.

Dia menyusul rekan senegaranya Coco Gauff ke delapan besar, sementara rekan senegaranya yang lain, Danielle Collins, bisa menyusul mereka seandainya mengalahkan Aryna Sabalenka, demikian AFP.


Baca juga: Swiatek jadi wanita Polandia pertama capai perempat final US Open
Baca juga: Jabeur untuk pertama kali maju ke perempat final US Open
Baca juga: Kalahkan Norrie, Rublev ke perempat final US Open ketiganya

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022