Jakarta (ANTARA) - Penayangan perdana dari film Indonesia "Autobiography" mendapatkan apresiasi positif di Festival Film Internasional Venesia pada awal bulan ini.

Dikutip dari keterangan resmi, Selasa, penayangan pertama dengan kapasitas 1.400 orang pada 3 September bahkan sudah terjual habis sejak tanggal 30 Agustus.

Setelah penayangan perdana, tim "Autobiography" mendapatkan standing ovation selama empat menit. Penayangan kedua juga sudah berlangsung pada tanggal 4 September di Palabiennale, bioskop terbesar yang dimiliki Festival Film Venesia dengan kapasitas hampir 2.000 orang.

Baca juga: Film "Autobiography" berkompetisi di festival film Venesia

Baca juga: "Autobiography" film panjang pertama dari Makbul Mubarak


Film debut dari sutradara muda Makbul Mubarak ini pun dinilai oleh sejumlah media internasional sebagai film yang solid, dan kaya dari segi penceritaan maupun teknis.

Lebih lanjut, film produksi KawanKawan Media ini berkompetisi di seksi Orrizonti (Horizons) sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersama film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Perancis, Iran, dan lain-lain.

Dibintangi oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan almarhum Gunawan Maryanto.

Setelah berlaga di Venesia, film "Autobiography" terpilih masuk di Festival Film Internasional Toronto (TIFF) 2022 di seksi World Contemporary Cinema dan berkompetisi untuk mendapatkan NETPAC Award.

TIFF 2022 akan berlangsung pada 8 hingga 18 September. Selanjutnya, perjalanan berlanjut dengan penayangan perdana Britania Raya di BFI London Film Festival yang berlangsung 5 hingga 16 Oktober.

Baca juga: Kevin Ardilova bangga filmnya masuk festival Venesia

Baca juga: "Autobiography" ajak sinematografer Polandia hadirkan kesan "gelap"

Baca juga: Film "Autobiography" rilis trailer untuk festival Venice

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022