Ambon (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar sejumlah bakti kesehatan secara gratis di atas kapal yang berlayar di Teluk Ambon memperingati HUT ke-77 TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang jatuh pada 10 September 2022.

"Bakti kesehatan secara gratis selain memeriahkan HUT ke-77 juga sebagai bentuk kepedulian jajaran TNI AL kepada masyarakat kurang mampu," kata Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina saat meninjau bakti kesehatan itu, di Ambon, Selasa.

Bakti kesehatan yang digelar di antaranya khitanan massal dan donor darah yang digelar di geladak Kapal Angkatan Laut (KAL) Alkura III-9-14, sedangkan pembersihan plak dan karang gigi secara gratis dipusatkan di Rumkital dr. F.X. Suhardjo di Desa Halong.

Danlantamal didampingi Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III (DJA III) Widiya Said Latuconsina, ikut menyaksikan khitanan massal yang berlangsung di atas geladak KAL Alkura III, sekaligus menyerahkan tali asih dan bingkisan kepada 125 anak yang dikhitan.

Baca juga: TNI AL gelar doa dan tabur bunga untuk mengenang jasa pahlawan

Baca juga: Penyelam anak ikut pecahkan rekor MURI upacara bawah laut TNI AL


Warga yang mengikuti donor darah maupun yang akan dikhitan diajak berlayar dan menikmati keindahan Teluk Ambon Bagian Dalam dari atas geladak kapal perang tersebut.

Khitanan massal dipimpin Kepala Rumkital FX. Suhardjo Lantamal IX Letkol Laut (K) dr. Eka Purwanto, dan diikuti 125 anak yang berasal dari Desa Tial dan Desa Tengah-tengah, kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Maluku Tengah, juga dari Muallaf Center desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon serta masyarakat umum lainnya

Donor darah dan pembersihan plak serta karang gigi gratis dipimpin oleh Kadiskes Lantamal IX Ambon Mayor Laut (K) drg. Rully Yusman. Donor darah diikuti 125 orang yang merupakan personel Polda Maluku, Kodam XVI/Pattimura, Lanud Pattimura, Guspurla Koarmada III, prajurit Lantamal IX dan Yonmarhanlan IX Ambon.

Sedangkan pembersihan plak dan karang gigi secara gratis dilakukan kepada 123 siswa SD dan SMP Hang Tuah.

Menurut Said, sebanyak 43 tenaga kesehatan Lantamal, Dinas kesehatan Kota Ambon dan Provinsi Maluku diterjunkan untuk bakti kesehatan itu. "Bakti kesehatan juga digelar serentak di Pangkalan TNI AL (Lanal) Tual, Lanal Aru dan di Lanal Saumlaki," katanya.

Dia menambahkan kegiatan tersebut itu merupakan bagian dari bakti kesehatan gratis yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, yang dipantau langsung oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dari atas geladak KRI Semarang 594.

"Bakti kesehatan ini merupakan salah satu komitmen TNI AL untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif dan inovatif, sekaligus meringankan beban masyarakat kurang mampu," katanya.*

Baca juga: TNI-AL Saumlaki sukses kibarkan bendera Merah-Putih di bawah laut

Baca juga: 29 penyelam kibarkan merah putih di dasar laut Aceh

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022