Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII menggelar bakti kesehatan di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) Kakap-811 yang sedang sandar di Dermaga Samuel Languyu Bitung, Sulawesi Utara, Selasa.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka mengatakan kegiatan bakti kesehatan dalam rangka HUT Ke-77 TNI AL tersebut bertujuan untuk memberikan sumbangsih secara nyata dalam bidang kesehatan kepada masyarakat.

Baca juga: Lantamal gelar bakti kesehatan gratis peringati HUT ke-77 TNI AL

"Ini sebagai perwujudan kepedulian TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," katanya.

Dengan kepedulian seperti ini, kata dia, diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat utamanya dalam peningkatan kesehatan pada situasi saat ini.

Danlantamal menyampaikan terima kasih kepada para prajurit dan PNS Lantamal VIII serta semua pihak yang telah turut andil berperan serta dalam kegiatan mulia tersebut.

Baca juga: TNI AL gelar sunatan massal di atas KRI di Natuna

Bakti kesehatan yang digelar Lantamal VIII tersebut di antaranya donor darah, khitanan, serta pembersihan plak dan karang gigi.

Kegiatan itu merupakan bagian dari bakti kesehatan yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut dan terpusat di atas Geladak KRI Semarang-594 di bawah pimpinan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca juga: TNI AL laksanakan Karya Bakti di NTB wujudkan Kampung Bahari Nusantara

Dalam kegiatan tersebut Lantamal VIII menerjunkan 124 personel yang terdiri dari beberapa dokter dan puluhan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII, Rumah Sakit Angkatan Laut dr. Wahyu Slamet Bitung, PMI Kota Bitung, dan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022