Makassar (ANTARA) - Kementerian Sosial merespons cepat korban terdampak banjir di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, dengan mengirimkan bantuan logistik berupa makanan, perlengkapan keluarga, dan peralatan evakuasi senilai total Rp539 juta lebih.

Bantuan tersebut secara resmi diterima oleh Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani di Luwu Utara, Selasa.

Baca juga: PMI salurkan bantuan tunai untuk korban banjir bandang di Luwu Utara

Yoga Yasonta selaku perwakilan dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos menuturkan bahwa apa yang dilakukan hari ini merupakan respons cepat dari Kemensos.

"Alhamdulillah, beberapa hari yang lalu kami menerima laporannya, dan hari ini kami mengantarkan langsung bantuan. Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan kondisi warga terdampak bencana banjir," katanya.

Baca juga: Korban banjir bandang Luwu Utara dibantu pembangunan hunian tetap

Bencana banjir telah terjadi di Luwu Utara pada 10 Agustus 2022 lalu tepatnya pada dua kecamatan yakni Baebunta dan Malangke Barat.

Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan Sungai Rongkong meluap dan menyebabkan tanggul jebol. Akibatnya dua kecamatan terendam banjir.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan apresiasi kepada Kemensos atas pendistribusian bantuan bencana banjir kepada masyarakat.

Baca juga: Pemerintah siapkan dana tunggu hunian bagi korban banjir Luwu Utara

"Kami mengapresiasi respons cepat Kementerian Sosial di mana barang bantuannya didistribusi dari Gudang Regional dan BBPPKS Makassar. Kiami segera salurkan bersama teman-teman dari Dinas Sosial, Tagana, dan BPBD Luwu Utara di beberapa wilayah terdampak banjir," ujarnya.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022