Beberapa angka tingkat atas pada ekonomi AS menunjukkan tidak ada resesi yang terlihat
New York/London (ANTARA) - Dolar bergerak lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah laporan industri jasa-jasa AS pada Agustus memperkuat pandangan bahwa Amerika Serikat tidak dalam resesi, sementara euro dan yen Jepang yang sensitif terhadap suku bunga jatuh lebih jauh terhadap greenback.

Indeks dolar naik 0,547 persen setelah Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks manajer pembelian (PMI) non-manufaktur naik tipis ke 56,9 dari 56,7 pada Juli, kenaikan bulanan kedua berturut-turut setelah tiga bulan penurunan.

Pembacaan mengejutkan - ekonom dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan akan turun ke 54,9 - mengikuti survei manufaktur ISM pekan lalu yang menunjukkan aktivitas pabrik AS tumbuh dengan mantap pada Agustus berbeda dengan ekonomi utama lainnya.

"Beberapa angka tingkat atas pada ekonomi AS menunjukkan tidak ada resesi yang terlihat. Itu telah mendorong imbal hasil obligasi pemerintah dan memberi dolar dorongan tambahan," kata Joe Manimbo, analis pasar senior di Convera USA LLC, sebuah operator pengiriman uang dan valuta asing, dikutip dari Reuters.

Marc Chandler, kepala strategi pasar di Bannockburn Global Forex, mengatakan ekonomi AS melambat tetapi masih "paling tidak jelek" di antara ekonomi utama Barat.

Sementara jalur resistensi paling rendah dolar naik, kekuatannya akan ditantang minggu depan ketika Indeks Harga Konsumen AS untuk Agustus dirilis, kata Chandler. Data tersebut diperkirakan akan menunjukkan laju inflasi yang mulai melambat.

"Seruan awal adalah untuk penurunan tingkat bulan-ke-bulan," katanya. "Tapi tingkat inti akan lebih sulit."

Euro dan sterling awalnya pulih dari posisi terendah multi-tahun yang mereka capai pada Senin (5/9/2022) terhadap dolar, tetapi mata uang tunggal kemudian tergelincir lebih jauh ke level terendah baru 20 tahun.

Kenaikan suku bunga bank sentral menarik perhatian pasar mata uang, dengan bank sentral Jepang (BOJ) menonjol di simposium Jackson Hole sebagai satu-satunya yang tetap teguh dalam menjaga kebijakan moneter akomodatif, kata HSBC dalam sebuah catatan.

Korelasi nilai tukar dolar-yen dengan imbal hasil AS telah rebound mendekati level terkuat tahun ini, kata HSBC. Bank mengubah perkiraannya untuk pasangan itu menjadi 144 yen per dolar pada akhir bulan, naik dari 140 yen sebelumnya.

Yen melemah lebih lanjut, turun 1,56 persen pada 142,82 per dolar. Dolar naik 24 persen terhadap mata uang Jepang sepanjang tahun ini.

Imbal hasil acuan pada obligasi pemerintah AS 10-tahun melonjak 14,3 basis poin menjadi 3,334 persen, level tertinggi yang terakhir terlihat pada Juni, di tengah ekspektasi Federal Reserve akan terus menaikkan suku bunga ketika memperketat kebijakan moneter dalam upaya untuk meredam inflasi.

Sebaliknya, imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10-tahun adalah 0,24 persen, karena kebijakan kontrol kurva imbal hasil BOJ.

Sterling naik tetapi kemudian diperdagangkan sedikit berubah dengan pound naik 0,01 persen menjadi 1,1524 dolar. Euro turun 0,18 persen menjadi 0,9908 dolar, tergelincir lebih jauh dari paritas dengan dolar.

Perdana Menteri Inggris yang akan datang Liz Truss sedang mempertimbangkan pembekuan tagihan energi rumah tangga untuk mencoba mencegah krisis biaya hidup musim dingin bagi jutaan rumah tangga, Reuters melaporkan pada Senin (5/9/2022).

Truss, yang diwarisi ekonomi dalam krisis, berjanji untuk mengatasi serangkaian tantangan menakutkan yang mencakup tagihan energi yang melonjak, resesi yang membayangi, dan perselisihan industri.

Para menteri Uni Eropa akan bertemu pada Jumat (9/9/2022) untuk membahas langkah-langkah mendesak guna menanggapi lonjakan harga gas dan listrik yang memukul industri Eropa dan menaikkan tagihan rumah tangga, setelah Rusia membatasi pengiriman gas ke blok tersebut.

Dolar Australia merosot ke level terendah tujuh minggu setelah bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia (RBA) menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin, tetapi mengisyaratkan tidak pada jalur yang telah ditetapkan untuk kenaikan suku bunga di masa depan.

Di China, upaya pihak berwenang untuk memperlambat depresiasi yuan baru-baru ini terbukti tidak berhasil, dengan yuan tergelincir ke level terendah baru dua tahun di 6,9784 di perdagangan luar negeri.

Bank sentral China pada Senin (5/9/2022) malam memangkas rasio persyaratan cadangan devisa (RRR), membebaskan dolar bagi bank untuk dijual.

Baca juga: Emas jatuh 9,70 dolar tertekan oleh dolar AS yang lebih kuat
Baca juga: Yen jatuh ke level terendah baru 24 tahun, dolar hentikan reli
Baca juga: Dolar hentikan reli di sesi Asia, namun masih dalam posisi kokoh

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022