Jakarta (ANTARA) - Badan Pariwisata Singapura (Singapore Tourism Board /STB) memperkuat kerja sama dengan agen dan asosiasi perjalanan melalui rangkaian acara B2B (business to business) Tabletop Networking di enam kota besar Indonesia.

Melalui keterangan tertulis pada Rabu, rangkaian kegiatan di kota Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, Makassar dan Pekanbaru tersebut merupakan bagian dari kampanye "SingapoReimagine" bersama para mitra dalam mendukung pemulihan wisata Singapura.

"Agen dan asosiasi perjalanan tetap memegang peranan penting dalam ekosistem ini dan STB akan terus membina hubungan baik untuk membuka peluang perjalanan leisure, MICE maupun fly cruise," kata Area Director STB untuk Indonesia Mohamed Firhan Abdul Salam.

Baca juga: Panduan melakukan perjalanan ke Singapura tanpa karantina

Sementara itu, pada Januari hingga Juni 2022, Indonesia menyumbang jumlah pengunjung internasional tertinggi dengan 282.000 pengunjung, melampaui India, Malaysia, Australia, dan Filipina.

"Dengan dibukanya perbatasan antara kedua negara, kami bekerja sama secara erat dengan para mitra kami untuk meningkatkan angka pertumbuhan kunjungan wisata serta menjadikan Singapura sebagai destinasi pilihan bagi masyarakat Indonesia," kata Firhan.

Secara global, Singapura mencatat 1,5 juta kedatangan pengunjung pada paruh pertama tahun 2022, hampir 12 kali lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021 (119.000).

Penerimaan pariwisata (TR) mencapai sekitar 1,3 miliar dolar Singapura pada kuartal pertama tahun ini. Perkembangan yang baik ini merupakan hasil dari skema Vaccinated Travel Framework (VTF) yang diumumkan pada bulan April 2022.

Lebih lanjut, STB memperkirakan kedatangan pengunjung internasional (IVA) pada 2022 sebanyak 4 hingga 6 juta orang dibantu dengan momentum peringanan pembatasan perjalanan.

STB mengenal beragam cara yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam mempertimbangkan dan memesan perjalanan wisata. Oleh sebab itu, selain bekerja sama dengan para agen perjalanan konvensional, STB juga menciptakan berbagai kemitraan regional seperti dengan Klook, Agoda, Traveloka dan AirAsia.

Sebagai salah satu contoh, kemitraan dengan Klook yang diluncurkan pada bulan Juni 2022 lalu, memungkinkan STB untuk melakukan kurasi promosi dan konten yang mencakupi wilayah Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam).

STB akan terus mencari peluang dan bekerja sama dengan platform serupa untuk menarik minat wisatawan Indonesia dengan menyoroti hal baru dan unik di Singapura.

Baca juga: Indonesia semakin menjadi pasar pariwisata penting bagi Singapura

Baca juga: Singapura manfaatkan teknologi untuk dorong sektor MICE

Baca juga: Ragam destinasi wisata yang cocok untuk "healing" di Singapura

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022