puluhan ribu bintang-bintang muda yang belum pernah terlihat
Los Angeles (ANTARA) - Teleskop Luar Angkasa James Webb (James Webb Space Telescope) milik NASA berhasil mengabadikan gambar Nebula Tarantula, kata badan antariksa tersebut pada Selasa (6/9).

Berjarak 161.000 tahun cahaya di galaksi Awan Magellan Besar (Large Magellanic Cloud), Nebula Tarantula merupakan daerah pembentuk bintang (star-forming region) terbesar dan paling terang di Grup Lokal (Local Group), kumpulan galaksi yang berlokasi paling dekat dengan Galaksi Bima Sakti. Ini adalah rumah bagi bintang terpanas sekaligus paling masif yang pernah diketahui, menurut NASA.

Kamera Inframerah-Dekat pada teleskop Webb, yang juga disebut NIRCam, membantu para peneliti mengamati daerah itu "dengan pemahaman yang baru, termasuk puluhan ribu bintang-bintang muda yang belum pernah terlihat yang sebelumnya diselimuti oleh debu kosmik," ungkap NASA.

Webb akan memberikan kesempatan kepada para astronom untuk membandingkan dan membedakan observasi terkait formasi bintang di Nebula Tarantula lewat pengamatan mendalam pada teleskop tersebut untuk galaksi-galaksi jauh dari periode cosmic noon yang sebenarnya, menurut NASA.

Webb merupakan program internasional yang dipimpin oleh NASA dengan Badan Antariksa Eropa (European Space Agency) dan Badan Antariksa Kanada (Canadian Space Agency).

Webb akan menemukan galaksi-galaksi pertama yang terbentuk pada periode awal alam semesta dan menilik awan debu untuk mengamati sekumpulan bintang yang membentuk sistem planet, papar NASA.
 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022