Ini merupakan bagian tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004
Jakarta (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta memimpin kegiatan bersih-bersih laut melalui Gerakan Nasional Laut Bersih (Gernaslasih) melibatkan unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kepolisian Daerah Metro Jaya, masyarakat, dan pelaku usaha yang dipusatkan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Rabu.

Asisten Intelijen Komandan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Ari Aryono mengatakan kegiatan Gernaslasih merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut yang diperingati setiap tanggal 10 September mengacu kepada perintah langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

"Ini merupakan bagian tugas pokok TNI yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 di antaranya adalah operasi militer selain perang, dimana TNI berperan membantu tugas pemerintah di daerah untuk mempersiapkan segala potensi nasional dan untuk membantu kesejahteraan rakyat," kata Ari di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Rabu.

Tugas tersebut tak hanya diserahkan Kasal kepada Lantamal III Jakarta, tapi dilangsungkan secara serentak di 77 wilayah kerja TNI Angkatan Laut se-Indonesia.

"Jadi semua komando kewilayahan TNI AL melaksanakan, yang tadi dipusatkan di Kolinlamil, dihadiri Bapak Kepala Staf Angkatan Laut dan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi," kata Ari.

Tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong, menciptakan jiwa kesatuan dan persatuan yang kokoh dan kuat, serta semakin memantapkan kemanunggalan TNI Angkatan Laut dengan rakyat.

Adapun upaya menjaga kebersihan laut dan mencegah pencemaran lingkungan meluas merupakan tanggung jawab semua pihak. Maka itu, kata Ari, kebersamaan dan gotong royong sangat diperlukan.

Pantauan di lokasi, sekitar 200 orang ikut membersihkan area pesisir pantai dan perairan Pulau Untung Jawa secara berbarengan.

Di daratan, warga, perangkat kabupaten, bersama-sama dengan petugas PPSU Kelurahan Pulau Untung Jawa berjalan kaki sepanjang pasir pantai sambil mengambil sampah yang berserakan.

Sampah-sampah yang didominasi bungkus makanan berbahan dasar plastik itu kemudian dimasukkan ke dalam kantong yang telah disediakan. Hal serupa dengan metode berbeda juga dijalankan di lautan.
Sekitar 200 orang membersihkan area pesisir pantai dan perairan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, secara berbarengan dalam rangka Gerakan Nasional Laut Bersih Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut dipimpin Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta, Rabu (7/9/2022). ANTARA/Abdu Faisal

Aksi bersih-bersih sampah di lautan mendapat dukungan dari empat perahu karet dan tiga perahu cepat Lantamal III, lima perahu nelayan, satu kapal Dinas Lingkungan Hidup, serta satu perahu cepat Polri.

Personel bergerak dari kolam labuh Dermaga Nelayan Pulau Untung Jawa hingga ke tengah laut, memastikan sampah-sampah yang mengambang terangkut.

Sampah-sampah lautan, yang kebanyakan terdiri dari bungkus makanan atau minuman plastik dijaring dan dinaikkan ke atas perahu.

Lalu, sampah-sampah tersebut dipindahkan ke dermaga untuk nantinya ditimbang dan dikelola lebih lanjut.

Gernaslasih bertujuan memantik kesadaran masyarakat dalam melestarikan dan menjaga kebersihan lautan.

Dengan begitu, sumber daya alam laut yang menjadi unggulan wisata serta potensi perekonomian warga Pulau Untung Jawa juga bisa dipertahankan.

"Contohnya kalau laut dan pantai kita bersih, mungkin juga ini menjadi daerah yang berpotensi sebagai wisata, akan menarik para wisatawan juga dan potensi lainnya," jelas Ari.

TNI AL sengaja mengajak unsur dari Polri dan Pemkab Kepulauan Seribu bersama-sama dengan masyarakat untuk menghidupkan semangat gotong royong, terutama dalam menangani permasalahan sampah.

Karena, permasalahan sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan juga masyarakat luas.

"Intinya kesadaran membuang sampah pada tempatnya harus kita galang. Harapannya dari kesadaran masyarakat, contohnya sampah kita akan menjaga kebersihan terutama wilayah laut kita," kata Ari.
Asisten Intelijen Komandan Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Ari Aryono menyampaikan sambutan dalam Gerakan Nasional Laut Bersih Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Rabu (7/9/2022). ANTARA/Abdu Faisal

Dalam kesempatan itu, Ari menyampaikan penghargaan dan terima kasih dari Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Umar Farouq kepada seluruh pihak di Kepulauan Seribu yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022 di Pulau Untung Jawa, sehingga kegiatan itu dapat terselenggara dengan aman dan lancar.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022