Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 300 produsen bahan baku makanan dan minuman memamerkan produknya di ajang pameran bahan baku Food Ingredients (FI) Asia 2022 di Kemayoran, Jakarta.

"Indonesia secara resmi telah menjadi tuan rumah FI Asia sejak 2010. Kami melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki pertumbuhan industri makanan dan minuman yang tetap baik, meski di kala pandemi," kata Regional Portfolio Director ASEAN Informa Market Rungphech Chitanuwat di Jakarta, Rabu.

Untuk itu, lanjutnya, Fi Asia 2022 akan menjadi wadah bagi para pelaku industri bahan baku makanan dan minuman mendapatkan sumber bahan baku yang dapat diandalkan, berkelanjutan, dan efektif dari segi biaya, sekaligus membangun jejaring dengan berbagai pemasok terkemuka.

“Kami berkomitmen untuk menumbuhkan industri makanan dan minuman di ASEAN dengan menghadirkan bahan baku makanan dan teknologi terbaru yang dapat membantu para pelaku industri mengembangkan produk," katanya.

Melalui Fi Asia 2022, para peserta diharapkan dapat lebih memahami perkembangan industri terkini terkait produk, pasar, dan tren konsumen agar tetap memiliki daya saing.

Sementara itu Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman menyambut baik hadirnya FI Asia yang terus mendukung industri makanan dan minuman nasional dengan menyelenggarakan pameran bahan baku makanan dan minuman bertaraf internasional.

Baca juga: Kemenperin: Pameran Fi Asia hubungkan industri makanan dan bahan baku

"FI Asia memiliki nilai lebih bagi para peserta pameran dan pengunjungnya melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi industri, sehingga dapat menciptakan produk yang kompetitif. Kelak, Indonesia tidak hanya menyerap komoditi asing, akan tetapi mampu memproduksi makanan dan minuman olahan yang inovatif dengan biaya efisien," ujar Adhi.

Pameran yang diresmikan oleh Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika ini hadir dengan delapan paviliun yaitu Natural Ingredients, New Business, Beverage Ingredients, Thailand Pavilion, USA Pavilion, dan yang terbaru India Pavilion, Malaysia Pavilion, dan China Pavilion yang hadir secara hibrid.

FIAsia juga menerapkan konsep smart event untuk pertama kalinya di Asia dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman peserta dan pengunjung selama pameran.

Ajang Fi Asia 2022 digelar pada 7-9 September 2022 di Jakarta International Expo dan diharapkan akan menjadikan Indonesia pasar paling dinamis dan kompetitif di dunia.

Baca juga: Pameran dagang bahan makanan se-Asia 2022 diadakan di Jakarta

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022