Jasa Raharja gencar memberikan imbauan guna mendorong kesadaran masyarakat, khususnya para pemilik kendaraan bermotor, untuk mendaftarkan ulang kendaraannya
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Raharja mengoptimalkan pendapatan perusahaan melalui iuran dan investasi seiring meningkatnya perekonomian masyarakat pascapandemi COVID-19.

Direktur Keuangan Jasa Raharja Myland menyampaikan salah satu upaya yang terus dilakukan adalah optimalisasi sektor pendapatan iuran wajib (IW) dan sumbangan wajib (SW).

"Terkait hal ini, Jasa Raharja gencar memberikan imbauan guna mendorong kesadaran masyarakat, khususnya para pemilik kendaraan bermotor, untuk mendaftarkan ulang kendaraannya," katanya di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan Tim Pembina Samsat Nasional yang terdiri atas Jasa Raharja, Polri, dan Kemendagri juga terus mendorong masyarakat untuk taat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB), melalui implementasi Pasal 74 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menurut dia, hal ini perlu dilakukan agar kendaraan bermotor dapat beroperasi di jalan dengan aman dan nyaman.

Lebih lanjut, ia menyampaikan upaya lain untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dilakukan dengan optimalisasi sistem internal Jasa Raharja guna memaksimalkan kegiatan investasi melalui implementasi liability driven investment.

Menurut dia, dengan upaya-upaya tersebut Jasa Raharja mampu mencetak kinerja positif. Selama semester I 2022, Jasa Raharja telah mencatat pendapatan bersih sebesar Rp2,99 triliun.

Myland mengatakan peningkatan pendapatan di semester I 2022 ditopang oleh adanya kenaikan pendapatan IW dan SW dengan total Rp84 miliar atau tumbuh 4,24 persen, serta kenaikan pendapatan investasi sebesar Rp121 miliar atau tumbuh 32,06 persen.

Dari sisi permodalan, Jasa Raharja juga mengalami peningkatan 2,43 persen dengan rasio risk based capital (RBC) 735,37 persen, meningkat 9,29 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 672,84 persen.

"Itu artinya, upaya yang telah kita lakukan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan dan penguatan tingkat Kesehatan keuangan perusahaan," katanya.

Baca juga: Jasa Raharja jamin santunan seluruh korban kecelakaan di Batang
Baca juga: Jasa Raharja santuni ahli waris korban kecelakaan maut di Bekasi
Baca juga: Jasa Raharja pastikan santunan bagi korban tabrakan maut truk tangki

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022