Keseimbangan antara kebijakan sosial ekonomi dan lingkungan adalah faktor kunci membuat ekonomi masa depan kita lebih tangguh dan sejahtera
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan PembangunanNasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan keseimbangan antara kebijakan sosial, ekonomi, hingga lingkungan, merupakan faktor kunci untuk mewujudkan masa depan masyarakat yang tangguh dan sejahtera.

“Keseimbangan antara kebijakan sosial ekonomi dan lingkungan adalah faktor kunci membuat ekonomi masa depan kita lebih tangguh dan sejahtera,” katanya dalam Development Ministerial Meeting (DMM) Presidensi G20 RI yang diikuti Antara di Jakarta, Rabu.

Suharso menekankan harus ada keseimbangan kebijakan ini mengingat Indonesia dan global masih mengalami tekanan cukup berat akibat dampak pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan perekonomian global, termasuk para negara anggota G20, terkena risiko seperti penurunan pertumbuhan ekonomi, kekurangan energi, dan gangguan rantai pasokan.

Tak hanya itu, kata dia, adanya tantangan transisi dari bahan bakar fosil ke energi baru terbarukan pun turut menghambat proses pemulihan ekonomi global.

Baca juga: Implementasi ekonomi biru dan hijau jadi prioritas side event G20 DMM

“Harga komoditas yang lebih tinggi juga meningkatkan risiko penurunan tingkat pemulihan ekonomi,” ujar Suharso.

Di sisi lain ia mengingatkan bahwa tidak hanya aspek ekonomi yang mengalami tekanan melainkan juga aspek sosial seperti penurunan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kemiskinan.

Terlebih lagi, kata dia, global pun turut dihadapkan dengan risiko iklim yang merupakan isu paling kritis baik dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Presidensi G20 Indonesia mengedepankan kepedulian terhadap peningkatan ketahanan global bersama karena negara-negara tidak bisa bekerja sendiri untuk pulih dari pandemi COVID-19.

“Kita menghadapi tantangan saat ini dan masa depan untuk kembali normal dan mempercepat pertumbuhan ekonomi yang masih menjadi agenda utama kita ke depan,” ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Baca juga: Bappenas sebut DMM G20 di Belitung usung tiga tujuan
Baca juga: G20 DMM Side Event bahas implementasi ekonomi biru dan kedirgantaraan
Baca juga: Bappenas: RI-anggota G20 tanda tangani MoU Kedirgantaraan sore ini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022