Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meminta adanya sinergitas pemerintah pusat dan daerah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat halal dunia tahun 2024.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya pada acara Pengukuhan Pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) dan Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatra Selatan, di Palembang, Rabu.

"Diperlukan gerak yang lebih cepat dan lebih kompak dari seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah, tidak hanya di pusat, tetapi terlebih di daerah. Selain menjadi kantong pertumbuhan, daerah juga ujung tombak pemerataan kesejahteraan masyarakat," tegas Ma'ruf dalam siaran pers yang diterima.

Menurut Ma'ruf Amin, sinergi pemerintah daerah dan berbagai pemangku kepentingan merupakan sebuah keharusan, sebab ekosistem di daerah harus dibangun dan diperkuat, agar berbagai program dapat terimplementasi dengan baik.

Baca juga: Wapres serahkan santunan BPJAMSOSTEK senilai Rp1,1 triliun di Sumsel

Baca juga: Wapres tinjau MPP dan salurkan bantuan kepada warga di Palembang


Dia berharap, kepengurusan KDEKS Sumsel dapat segera bekerja, dan mengambil langkah strategis, berkoordinasi dengan pusat dan daerah, bahkan lintas daerah, untuk menjalankan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah yang memajukan Sumatra Selatan.

"Sejumlah program ekonomi dan keuangan syariah yang telah diinisiasi agar dilanjutkan dan dikembangkan. Potensi daerah pada sektor-sektor unggulan ekonomi syariah agar terus digali. Industri produk halal, jasa keuangan syariah, dana sosial syariah serta bisnis dan kewirausahaan syariah agar dikembangkan, termasuk penguatan terhadap UMKM industri halal," pesannya.

Sementara, kepada Pengurus MES Sumsel yang baru, ia berpesan agar dapat segera merumuskan dan melaksanakan program kerja dengan sebaik-baiknya.

"MES juga diharapkan menjadi mitra KDEKS Sumatra Selatan dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Sumatra Selatan," imbuhnya.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022