Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng artis hingga ulama kondang untuk menggaungkan gelar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 pada 10--19 Oktober 2022.

"Saat Bang haji Roma Irama dan Ustadz Abdul Somad datang ke provinsi, kita minta bantuan mereka untuk ikut menggaungkan MTQ nasional di daerah kita ini," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel H M Muslim di Banjarbaru, Rabu.

Menurut dia, bantuan para artis dan ulama bentuknya seperti menyampaikan akan ada gelar MTQ Nasional ini di Provinsi Kalsel.

"Testimoni mereka itu nantinya kita sebar luaskan di media sosial, moga ini jadi perhatian masyarakat hingga ke nasional," papar Muslim.

Baca juga: Gubernur: MTQ Nasional di Kalsel diharapkan sukses dan menyenangkan

Baca juga: Pemprov Kalsel siapkan jalur alternatif saat MTQ nasional digelar


Selain dua tokoh itu, para artis ibu kota yang kelahiran Kalsel seperti Teri Putri dan Ian Kasela Band Raja juga diminta bantuan agar gelar MTQ ini makin meluas ke masyarakat Indonesia.

"Para tokoh dan ulama di Kalsel juga demikian," ujarnya.

Muslim juga menyampaikan untuk MTQ Nasional setelah 50 tahun baru kembali ke Kalsel sebagai tuan rumah, pertama pada tahun 1970.

"Dimulai dengan spanduk dan baliho serta di media sosial resmi pemerintah daerah untuk MTQ ini, kita bergerak semua," ujarnya.

Pemerintah Provinsi juga, kata Muslim, melibatkan media massa dalam penyebaran informasi pelaksanaan MTQ yang akan berlangsung di tiga daerah, yakni, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Gelar MTQ Nasional ke-29 di Provinsi Kalimantan Selatan telah diluncurkan Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi pada 25 Agustus 2022.

Pembukaan MTQ Nasional ke-29 yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo bertempat di Objek Wisata Alam Kiram Park di Kabupaten Banjar.

Venue utama di Kiram Park, Masjid Agung Al-Karomah Martapura Kabupaten Banjar, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan Kabupaten Banjar, Masjid Nurul Iman Kota Banjarbaru, aula serba guna Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Selanjutnya di Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru, Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura Kabupaten Banjar, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura Kabupaten Banjar.*

Baca juga: Kalsel persiapkan qori dan qoriah untuk target juara umum MTQ Nasional

Baca juga: Wakil Menteri Agama luncurkan MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Selatan

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022