Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate menyebutkan berkat adanya tata kelola yang efektif serta tepat menghasilkan realisasi anggaran di Kementerian Komunikasi dan Informatika bisa meraih realisasi anggaran yang meningkat dari tahun ke tahun selama periode 2018 hingga 2022.

"Tren realisasi anggaran dari 2018 hingga 2022 terus mengalami peningkatan. Dalam pelaksanaan program-program, Kementerian Kominfo terus mengupayakan tata kelola anggaran yang efektif dan tentu selalu prudent (bijaksana),” kata Johnny di DPR, Rabu.

Adapun tren kenaikan realisasi anggaran itu dimulai sejak 2018 ketika anggaran untuk Kementerian Kominfo bernilai Rp5,164 triliun.

Kala itu realisasi anggaran yang dicapai Kementerian Kominfo mencapai 94,8 persen.

Selanjutnya pada 2019, Kementerian Kominfo mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp6,671 triliun disertai dengan realisasi anggaran sebesar 98,2 persen.

"Pada tahun 2021 meningkat sangat tajam sebesar 24,139 triliun dengan realisasi saat itu sebesar 96,99 persen,” ujarnya.

Meski 2022 belum usai, Johnny menyakini hal serupa akan terjadi dan realisasi anggaran di Kementerian yang dipimpinnya bisa melebihi 90 persen.

“Dengan prognosis realisasi di akhir tahun sebesar 93,15 persen, mudah-mudahan bisa lebih tinggi realisasinya nanti,” ungkapnya.

Untuk tahun 2023, Kementerian Kominfo direncanakan akan mendapat anggaran sebesar Rp19,7 triliun.

Jumlah itu dipastikan dan tertuang dalam surat keputusan bersama Kementerian Keuangan dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Pemenuhan anggaran tersebut akan berasal dari rupiah murni, rupiah murni pendamping, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Badan Layanan Umum, serta hibah dan/atau pinjaman dari luar negeri.

Anggaran tersebut sebenarnya berjumlah lebih sedikit dari pengajuan awal Kementerian Kominfo dengan total Rp40,5 triliun.

Rincian jumlah dana tersebut telah diterima oleh Komisi I DPR RI untuk nantinya bisa dibahas lebih mendetil dalam rapat Badan Anggaran DPR.


Baca juga: Kominfo siapkan langkah untuk biayai anggaran 2023 selain dari APBN

Baca juga: Kominfo miliki pagu anggaran Rp18,4 triliun untuk 2023

Baca juga: Kominfo pastikan 60 persen lebih anggaran 2022 untuk belanja PDN

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022