Jakarta (ANTARA/JACX) - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi memicu penolakan dari sejumlah kalangan, terutama buruh dan mahasiswa di berbagai daerah dengan menggelar aksi demonstrasi.

Di Jakarta, aksi demonstrasi penolakan harga BBM bersubsidi terjadi sejak Senin (5/9) hingga Rabu (7/9).

Namun pada Selasa (6/9), sebuah unggahan di Twitter menampilkan video iring-iringan orang mengendarai sepeda motor.

Peristiwa itu diklaim sebagai aksi demontrasi terkait kenaikan harga BBM yang bergerak menuju gedung DPR RI.

Berikut narasi lengkap yang menyertai unggahan video itu:
"Sejumlah aliansi masa berupa buruh & mahasiswa sudah bergerak menuju gedung DPR RI guna menuntut kenaikan harga BBM.06.09.2022"

Unggahan video itu mendapatkan respon lebih dari 1.200 pengguna lain Twitter, diunggah ulang hingga 98 kali, dan disukai lebih dari 3.600 pengguna lain.

Namun, peristiwa demonstrasi benarkah unggahan tersebut merupakan video demo buruh dan mahasiswa pada 6 September 2022?
 
Unggahan misinformasi yang menyatakan peristiwa demonstrasi buruh dan mahasiswa pada 6 September. Faktanya, peristiwa itu merupakan demonstrasi buruh terhadap UU Cipta Kerja pada 10 Agustus 2022. (Twitter)


Penjelasan:
Unggahan video yang menampilkan aksi demonstrasi dengan iring-iringan sepeda motor itu bukanlah peristiwa yang terjadi pada 6 September 2022.

Pada Rabu (7/9), ANTARA tidak dapat menemukan lagi unggahan yang diklaim sebagai demonstrasi buruh dan mahasiswa pada Selasa (6/9) itu. Pemilik akun telah menghapus unggahannya di Twitter.

Namun, video serupa yang menampilkan aksi orang mengendarai sepeda motor dan melewati jalan Jendral Sudirman Jakarta Pusat itu dapat dilihat di akun Gabungan Serikat Buruh Indonesia Pusat, @GSBIPusat.

Video berdurasi 12 detik yang muncul pada 13 Agustus 2022 disebut sebagai aksi sejuta buruh mendesak pencabutan UU Cipta Kerja, atau Omnibus Law. Aksi demonstrasi itu digelar pada 10 Agustus 2022.

Dengan demikian, video iring-iringan orang mengendarai sepeda motor yang diklaim sebagai demontrasi buruh dan mahasiswa pada 6 September 2022 merupakan informasi keliru.

Klaim: Video iring-iringan demo buruh dan mahasiswa pada 6 September 2022
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Buruh batalkan aksi mogok nasional pada 6-8 Oktober?

Cek fakta: Tidak ada berita polisi terluka saat amankan demo? Ini faktanya

Baca juga: Anggota DPR RI temui massa unjuk rasa tolak kenaikan harga BBM

Pewarta: Tim JACX
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022