Kami melihat neraca transaksi berjalan tahun 2022 masih berpotensi mencatatkan surplus kecil sebesar 0,03 persen dari PDB, menjaga cadangan devisa dan stabilitas nilai tukar rupiah
Jakarta (ANTARA) - Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengatakan kondisi cadangan devisa Indonesia yang stabil pada Agustus 2022 disebabkan oleh sektor eksternal yang masih tangguh dalam meredam ketidakpastian global.

Tercatat cadangan devisa Indonesia pada akhir Agustus 2022 sebesar 132,2 miliar dolar AS atau tidak mengalami perubahan dibandingkan periode Juli 2022 yang juga sebesar 132,2 miliar dolar AS.

Faisal dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu, memproyeksikan cadangan devisa akan mencapai kisaran 130 hingga 140 miliar dolar AS pada akhir tahun 2022, atau mengalami penurunan dari yang sebelumnya sebesar 144,9 miliar dolar AS pada 2021.

Baca juga: BI: Cadangan devisa RI turun jadi 132,2 miliar dolar pada Juli 2022

Proyeksi itu berdasarkan pada perkiraan terkait surplus barang dalam neraca transaksi berjalan (current account balance) yang akan mengalami penyempitan ke depan. Dia memperkirakan impor akan mampu mengimbangi ekspor seiring dengan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Dia melanjutkan tren kenaikan sebagian besar harga komoditas juga mulai mereda di tengah kekhawatiran resesi global yang dapat melemahkan permintaan global. Sehingga, hal ini dapat berisiko melemahkan kinerja ekspor pada semester II tahun 2022.

"Kami melihat neraca transaksi berjalan tahun 2022 masih berpotensi mencatatkan surplus kecil sebesar 0,03 persen dari PDB, menjaga cadangan devisa dan stabilitas nilai tukar rupiah," ujar Faisal.

Selain itu, menurut dia, upaya pemerintah dan Bank Indonesia (BI) dalam menerapkan kembali sanksi bagi eksportir yang tidak menempatkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) di dalam negeri, akan semakin mendukung stabilitas ini.

Baca juga: BI pastikan likuiditas dolar AS aman meski ada intervensi rupiah

Di sisi lain Faisal mengatakan neraca keuangan akan menghadapi beberapa risiko penurunan yang kemungkinan dapat menutup masuknya aliran modal pada semester II tahun ini.

Menurut dia, hal Ini disebabkan oleh normalisasi moneter global yang lebih hawkish dan cepat yang memicu sentimen kualitas atau capital outflow di pasar negara berkembang, termasuk Indonesia.

Berdasarkan catatan Bank Indonesia, posisi cadangan devisa Indonesia pada Agustus 2022 ini setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Posisi cadangan ini jauh di atas standar kecukupan cadangan internasional yang setara 3 bulan impor.

Baca juga: Stabil, BI catat cadangan devisa Agustus capai 132,2 miliar dolar AS

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022