Sejumlah pengunjuk rasa sempat berupaya mengadang iring-iringan kendaraan Wapres.
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, menyampaikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin tidak mempermasalahkan adanya penyampaian aspirasi terkait dengan penolakan penyesuaian harga bahan bakar minyak di sela kunjungan kerjanya di Palembang, Sumatra Selatan, Rabu.

"Wakil Presiden menyampaikan bahwa demonstrasi mahasiswa ataupun demonstrasi-demonstrasi yang lain itu adalah hak warga negara. Tidak ada masalah buat Wakil Presiden ada pihak-pihak mahasiswa atau yang lain menyampaikan aspirasi," ujar Masduki Baidlowi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu malam.

Keterangan Baidlowi itu terkait dengan terjadinya demonstrasi mahasiswa di Kota Palembang pada sore hari, bertepatan dengan lewatnya iring-iringan kendaraan Wapres menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Sejumlah pengunjuk rasa dikabarkan sempat berupaya mengadang iring-iringan kendaraan Wapres.

Menurut Baidlowi, Ma’ruf Amin berpandangan bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi, jadi siapa saja boleh menyampaikan aspirasi. Namun, perlu ditekankan penyampaian aspirasinya harus sesuai dengan aturan.

"Yang penting berlangsung secara tertib tidak melanggar aturan dan tidak terjadi anarkis. Itu yang ditegaskan," jelasnya.

Baidlowi menyebut perjalanan Wapres ke bandara berjalan lancar. Meskipun sempat tersendat dalam perjalanan karena unjuk rasa, menurut dia, itu merupakan hal yang biasa dan pihak keamanan sudah melakukan pengaturan dengan baik.

"Pihak keamanan sudah melakukan pengaturan dengan baik sehingga Wapres bisa melanjutkan perjalanan dengan baik, alhamdulillah," ujarnya.

Baca juga: Wapres terima pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah Yogyakarta
Baca juga: Jubir tegaskan Wapres tidak pernah minta penundaan merger BTN Syariah


Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022