Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggenjot persiapan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 di Stadion Batakan, Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (9/9) yang sedianya dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin.

Guna mensukseskan kegiatan, pihak Kemenpora yang dimotori oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta bersama Kabag Humas Kemenpora Indra Jayaatmaja menggelar gladi kotor di stadion yang berkapasitas 40 ribu penonton itu, Rabu.

Peringatan Haornas 2022 ini memang berbeda dengan dua edisi sebelumnya yang hanya dilakukan di Jakarta dalam ruangan tertutup (indoor) dengan undangan terbatas. Untuk tahun ini dengan konsep ourdoor yang akan melibatkan puluhan ribu masyarakat setempat.

Baca juga: Peringatan Haornas 2022 akan libatkan 20 ribu orang

Berdasarkan informasi dari Kemenpora, sejumlah kegiatan akan berlangsung termasuk ajang pesta musik Sound Session yang menampilkan grup band Noah serta Bunga Citra Lestari dan juga sebelumnya digelar Turnamen Sepakbola Asian School Football U-18 Championship.

"Tema peringatan Haornas tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerjasama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara," kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangan resmi sebelumnya.

Baca juga: Bersama Cetak Juara jadi tema Haornas 2022 di Stadion Batakan

Pada DBON memang disebutkan bahwa 17 kementerian/lembaga, 34 provinsi, serta 517 kabupaten/kota, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

"Tema Haornas kali ini intinya implementasi dari DBON, disamping turut mensosialisasikan undang-undang baru yakni UU No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR RI," kata Menpora Amali menambahkan.

Menpora juga menegaskan bahwa peringatan puncak Haornas ke-39 di Stadion Batakan menjadi wujud komitmen untuk menyukseskan ibu kota negara (IKN) Nusantara sebagai barometer pemerintahan Indonesia yang baru kedepannya.

"Melalui sektor olahraga juga turut menguatkan komitmen nasional terhadap Ibu Kota yang baru dimana wujud konkretnya adalah sebagai barometer pemerintahan, di situ pula kebijakan, kemudian implementasi DBON juga akan dikomandani dari Ibu Kota yang baru, bahkan bapak Presiden Joko Widodo pun telah memerintahkan untuk membuat sports center di IKN," pungkas pria asal Gorontalo ini.

Baca juga: Konfigurasi kolosal SKJ pelajar warnai perayaan Haornas 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022