Saya percaya fintech dan teknologi besar memiliki dampak besar dan memerlukan lebih banyak perhatian kami
New York (ANTARA) - Munculnya layanan fintech dan perbankan digital dapat memacu risiko keuangan dan potensi krisis dalam jangka panjang, Michael Hsu, Penjabat Pengawas Keuangan Mata Uang, regulator bank utama AS, memperingatkan pada Rabu (7/9/2022).

"Saya percaya fintech dan teknologi besar memiliki dampak besar dan memerlukan lebih banyak perhatian kami," kata Hsu dalam konferensi di New York, mencatat perambahan perusahaan fintech ke dalam sektor keuangan tradisional, termasuk melalui kemitraan dengan bank, telah menciptakan lebih banyak kompleksitas. dan "de-integrasi" di seluruh sektor perbankan.

"Perasaan saya yang kuat adalah bahwa proses ini, yang dibiarkan sendiri, kemungkinan akan dipercepat dan berkembang sampai ada masalah yang parah, atau bahkan krisis," kata Hsu.

Bank-bank dan perusahaan-perusahaan teknologi, dalam upaya untuk memberikan pengalaman pelanggan yang mulus, bekerja sama dengan cara yang mempersulit regulator untuk membedakan antara dimana bank berhenti dan dimana perusahaan teknologi mulai, kata Hsu. Dan dengan turunnya valuasi fintech karena biaya pembiayaan meningkat, kemitraan bank dengan fintech meningkat, katanya.



Itu bisa menciptakan risiko-risiko TI seputar keamanan dan ketahanan informasi, dan juga menimbulkan masalah perlindungan pelanggan, kata Hsu.

"Saya semakin khawatir tentang 'yang tidak diketahui' dan khawatir bahwa risiko yang kurang dikenal dari transisi digital ini tidak berlabel dan dengan demikian tidak terlihat. Seperti yang kita pelajari dari krisis keuangan 2008, risiko yang tidak terlihat memiliki kecenderungan untuk tumbuh dan kemudian menjadi sumber kejutan yang tidak menyenangkan," kata Hsu.
Baca juga: Regulasi Perlindungan Data penting untuk proteksi pengguna tekfin
Sebelumnya Gene Ludwig, mantan Pengawas Keuangan Mata Uang, juga memperingatkan bahwa peraturan untuk fintech jauh lebih ketat daripada yang mengatur bank.

"Industri non-perbankan lolos dari pembunuhan," kata Ludwig, yang sekarang menjadi mitra pengelola Canapi Ventures, sebuah perusahaan modal ventura.

Ludwig memperkirakan non-bank "akan membawa kita ke dalam krisis keuangan berikutnya jika kita tidak melakukan sesuatu."

Regulator AS telah waspada mengizinkan bank untuk terjun ke mata uang kripto, yang telah merosot dalam beberapa bulan terakhir di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga akan mengakhiri era uang murah. Beberapa perusahaan kripto telah mengajukan kebangkrutan.

Hsu mengatakan bahwa gejolak tersebut memiliki "semua ciri dari pergerakan klasik" pada industri yang saling berhubungan yang memiliki masalah, dan memperingatkan bahwa pasar sangat "didorong oleh sensasi".

Baca juga: OJK sebut moratorium izin fintek pendanaan bersama masih berlaku

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022