padahal di area pasar sudah disediakan lahan parkir untuk kendaraan roda dua
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan penertiban  parkir liar di Pasar Cipulir dalam rangka memperlancar arus lalu lintas di kawasan itu yang kerap mengalami kemacetan.

"Ini hanya di Cipulir. Untuk pasar-pasar lain di Jakarta Selatan rata-rata masih kondusif," kata Kepala Seksi Pengendalian Operasi Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan, Made Joni saat dihubungi, Jakarta, Kamis.

Made Joni menambahkan pihaknya akan terus melakukan penertiban untuk mengantisipasi agar tidak ada yang parkir sembarangan  sehingga membuat  kemacetan lalu lintas.

Sebelumnya, petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan sudah memasang penghalang jalan (barrier) di depan Pasar Cipulir, Kelurahan Cipulir, Kebayoran Lama, Selasa (6/9)  untuk menertibkan motor yang parkir sembarangan di lokasi tersebut.

Menurut Lurah Cipulir Abdul Rahman Efendi, padahal di area pasar sudah disediakan lahan parkir untuk kendaraan roda dua.

"Awalnya ada aduan warga melalui media sosial. Banyak motor yang parkir di depan pasar. Makanya ada operasi gabungan anggota Dishub, Satpol-PP, TNI dan POLRI mengadakan penertiban roda dua. Dari tiga hari penertiban total ada 36 motor yang ditertibkan," kata Abdul dalam keterangan tertulis.

Dengan pemasangan kembali barrier, Rahman menjelaskan angkutan umum bisa mengambil penumpang di jalur lambat. Tidak hanya itu, fungsi trotoar juga kembali bisa dilewati pejalan kaki.

"Hari ini kita pasang kembali barrier, untuk mengaktifkan mobil penumpang di jalur lambat dan memfungsikan kembali trotoar dilokasi. Selain itu kita juga memaksimalkan lahan parkir yang ada di dalam pasar, agar jalanan lancar," katanya.

Agar parkir liar tidak kembali terulang, pihaknya mendirikan posko terpadu di dekat lokasi yang akan dijaga oleh personel gabungan yang terdiri dari Satpol-PP, TNI, dan Polri.

"Posko tadi fungsinya  untuk menertibkan angkot agar tidak kelamaan ngetem  dan mencegah kembalinya roda dua parkir di lokasi tersebut," ucap Made Joni.
Baca juga: Juru parkir liar Kemang dibina Dishub DKI
Baca juga: Jakarta Pusat sita belasan motor parkir liar di kawasan CFW
Baca juga: Dishub DKI siapkan sembilan lokasi parkir saat peresmian JIS

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022