Salah satu misi penting yang dapat diemban oleh Komcad dengan tingkatkan pemahaman terhadap isu-isu global.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara Penetapan Komponen Cadangan (Komcad) TNI TA 2022 di Bandung, Jawa Barat, Kamis, menegaskan peran penting Komponen Cadangan TNI dalam membantu mewujudkan Indonesia Maju.

"Salah satu misi penting yang dapat diemban oleh Komponen Cadangan adalah dengan meningkatkan pemahaman terhadap isu-isu global, menanamkan kesetiakawanan sosial, serta menebarkan toleransi dan moderasi untuk mempererat persatuan dan kesatuan. Modal sosial ini sangat bernilai dalam menunjang transformasi Indonesia ke depan, menuju Indonesia Maju," ujar Ma'ruf Amin dalam siaran pers yang diterima.

Wapres menyebutkan terdapat empat langkah guna memupuk modal sosial Komponen Cadangan, yakni: pertama, pelatihan pertahanan Komponen Cadangan agar didesain dalam perspektif yang luas, menggabungkan pola pertahanan konvensional dan ancaman nontradisional.

Dengan demikian, pola pikir dalam mempertahankan kesatuan negara tidak hanya dalam perspektif senjata, tetapi lebih luas lagi dengan berbasis digital.

Kedua, perlunya pengembangan narasi optimistik dalam komunikasi publik terkait dengan peran dan fungsi Komponen Cadangan sehingga muncul kesadaran kolektif seluruh anak bangsa untuk ambil bagian dalam upaya bela negara dalam berbagai bentuk.

Melalui kesadaran ini, Wapres menilai akan lebih besar lagi kekuatan Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan bangsa dan mewujudkan Indonesia Maju.

Ketiga, promosi bela negara pada generasi muda membutuhkan terobosan yang inovatif sehingga perlu pengembangan pelatihan yang kreatif dan kekinian agar program bela negara efektif menjangkau berbagai kelompok sasaran.

Komcad yang saat ini telah menyelesaikan pelatihan, Ma'ruf Amin berpesan kepada mereka dapat kembali ke tempatnya masing-masing dan terus menjalankan mandat dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Keempat, setelah menyelesaikan pelatihan, anggota Komponen Cadangan agar tetap menjaga mandat sebagai Komponen Cadangan seraya terus menjadi inspirasi bela negara bagi masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada upacara Penetapan Komponen Cadangan TNI TA 2022 melaporkan penyelenggaraan pelatihan sekaligus meminta Wapres untuk menetapkan Komponen Cadangan Tahun Anggaran 2022.

"Dimohon dengan hormat, Wakil Presiden untuk menetapkan Komponen Cadangan Tahun 2022," kata Prabowo.

Selain Menteri Pertahanan, hadir dalam acara ini Kepala Staf Angkatan Darat Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara Fadjar Prasetyo, dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Sementara itu, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Felix Wanggai, Staf Khusus Wakil Presiden Masduki Baidlowi, dan Plt. Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tetapkan 2.974 Komcad TNI Tahun Anggaran 2022
Baca juga: Ketua MPR: Komcad Indonesia masih belum optimal

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022